Connect with us

Sulselbar

Dinas PKP Cek Poin di Tiga Titik Batas Kota

-

PAREPARE, BKM — Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) Kota Parepare turun ke lapangan melakukan pengecekan ternak masuk dari luar Kota Parepare. Cek poin dilakjukan jelang hari raya Idul Adha 1443 H/2022 M dan memastikan setiap hewan ternak yang masuk ke Parepare dalam kondisi sehat.

Kabid Peternakan Dinas PKP Kota Parepare drh Nurdin Ismail menjelaskan hewan ternak yang akan disebelih pada hari kurban itu dilakukan pengecekan pada tiga titik pintu masuk dari luar Kota Parepare.

Ketiga titik cek poin tersebut yakni, perbatasan Parepare Pinrang, Sidrap, dan Batas Parepare Kabupaten Barru dilaksanakan pada senin 27 Juni 2022.
Untuk memastikan tidak adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi, kerbau, dan kambing, yang lagi diindikasikan ada masuk di Indonesia seperti di Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu sudah kena indikasi PMK.

Dipastikan PMK Nol kasus di Sulsel tapi tetap memperketat pemeriksaan pintu masuk melalui darat dan yang juga paling diantisipasi melalui pelabuhan yakni, Karantina pertanian Parepare, Barru, dan Siwa ini masuk wilayah pengawasan Dinas PKP Parepare.
Dia menambahkan hewan ternak yang akan dijual dan akan dibeli harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang diterbitkan oleh Dinas PKP setempat. Hingga akhir pekan (Jumat 24/6) ketersediaan jumlah ternak sapi di parepare ada sekitar 1200 ekor, dan Kambing itu sudah capai 700-800 ekor yang dipastikan sehat sudah diterbitkan SKKH dari Dinas PKP.

Halaman
1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini