Connect with us

Politik

Bawaslu Gowa Akan Sinkronkan DPB ke KPU

-

BKM/IST PENGUATAN--Suasana monev yang dilakukan Bawaslu Sulsel di sekretariat Bawaslu Gowa sebagai bentuk penguatan strategi pengawasan

GOWA, BKM–Tahapan Pemilu 2024 telah berjalan sejak dilaunching KPU RI pada 14 Juni 2022 lalu. Untuk itu, jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai melakukan aktivitasnya dalam mempersiapkan fungsi-fungsi pengawasannya.
Seperti dilakukan Bawaslu Kabupaten Gowa. Berbagai kegiatan persiapan dilakukan salah satunya adalah monev (monitoring dan evaluasi) sebagai upaya melakukan penguatan dan strategi pengawasan selanjutnya.

Kegiatan monev yang dilakukan Bawaslu Gowa, Minggu (26/6) kemarin dihadiri Koorwil Bawaslu Sulsel Dr Adnan Jamal.
Dalam kesempatan tersebut, Adnan mengatakan kegiatan ini sebagai langkah taktis menghadapi tahapan yang sedang berjalan seperti daftar pemilih berkelanjutan (DPB) dan mekanisme pendaftaran pemantau Pemilu di Kabupaten Gowa.
Adnan yang juga adalah Koordiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu Sulsel ini menjelaskan, kegiatan Monev ini juga sebagai upaya melakukan penguatan dan strategi pengawasan selanjutnya.

“Kegiatan monev ini untuk menerima masukan dan saran yang melahirkan solusi sebagai dasar bertindak kita kedepan. Melakukan penguatan sebagai metode yang terukur, sehingga pelaksanaan pengawasan di lapangan dan fungsi Bawaslu berjalan sesuai dengan regulasi,” papar Adnan.
Diapun menegaskan kepada Bawaslu Gowa, terkait pelaksanaan uji petik yang dilakukan triwulan pertama dan kedua cukup bagus. Namun kedepan, perlu memastikan DPB yang dikeluarkan KPU Gowa sesuai dengan data di lapangan menggunakan metode sampling yang tepat secara bersama dan sepaham.
“Pastikan uji petik yang dilakukan metodenya harus konkrit, sepaham, semua berdasar dan regulatif untuk memperoleh data yang valid di lapangan, ” kata Adnan.

Halaman
1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini