Connect with us

Headline

Produksi Dikirim Keluar, Harga Cabai Melonjak

-

MAKASSAR, BKM — Menjelang hari raya Iduladha 1443 Hijriah, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Makassar merangkak naik. Komoditas yang harganya naik itu, di antaranya cabai rawit, cabai besar, cabai keriting, tomat serta bawang merah.

Salah seorang pedagang di Pasar Kampung Baru, Jalan Pattimura menyebutkan, harga cabai rawit yang dijual mencapai Rp78 ribu per kilogram. Sementara cabai besar harganya Rp85 ribu per kilogram.

“Yang naik sekarang cabai besar, cabai kecil, bawang merah, tomat semua itu naik. Cabai yang kualitasnya paling bagus itu saya jual Rp85 ribu,” ucap Haji Ros, salah seorang pedagang di Pasar Kampung Baru, Rabu (6/7)
.

Haji Ros menyebut bahwa kenaikan harga telah terjadi sejak awal pekan lalu. Menurutnya, kenaikan tersebut dipengaruhi oleh permintaan pengiriman cabai dari luar daerah di Sulsel.

“Bukan karena pengaruh tidak ada stok. Banyak pengiriman keluar provinsi. Permintaan dari luar daerah banyak. Seperti cabai kecil dikirim ke Kalimantan dan Manado. Itu yang bikin mahal sehingga kami di sini beli mahal juga,” terangnya.

Meski terdapat kenaikan harga, Haji Ros mengaku bahwa daya beli masyarakat tetap tinggi. Menurutnya, hal itu karena kebutuhan masyarakat akan bahan pokok memang meningkat jelang Iduladha.

“Cukup tinggi (daya beli). Biar bagaimana mahalnya masyarat tetap beli. Apalagi ini kan mau lebaran. Tapi kalau bukan moment hari raya mana mereka mau beli,” ucapnya.

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini