Connect with us

Headline

PPDB Jalur Afirmasi Terhambat DTKS yang Lambat

-

MAKASSAR, BKM — Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP sudah memasuki pendaftaran jalur afirmasi. Pendaftaran berlangsung 3-8 Juli 2022.
Prosesnya telah berjalan, namun masih ada keluhan dari sejumlah orang tua/wali peserta didik dalam mengurus surat keterangan dari Dinas Sosial dari warga yang kurang mampu. Salah satu orang tua Isnaeni, mengatakan proses verifikasi untuk mengecek apakah nama calon peserta didik kurang mampu masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) berjalan lamban.

“Kami harus menunggu cukup lama baru mendapat informasinya,” ungkap wanita yang akrab disapa Neni itu.
Dikonfirmasi terkait persoalan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Makassar Muhyiddin Mustakim mengaku memang di awal-awal pendaftaran ada sedikit keterlambatan. “Iya. Tapi kita terus benahi dan Alhamdulillah sudah lancar,” ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk pendaftar jalur afirmasi peserta didik kurang mampu, memang wajib mengantongi surat keterangan dari Dinas Sosial kalau yang bersangkutan memang terdaftar di DTKS. Untuk pendataan, Dinas Sosial menyiapkan tiga operator yang melakukan verifikasi.
“Jadi yang melakukan verifikasi adalah operatornya Dinas Sosial yang di dinas (pendidikan). Itu nanti operator sekolah menyampaikan nanti diverifikasi apakah terdaftar. Karena kita tidak mungkin pakai keterangan lurah,” ungkap Muhyiddin.
Berdasarkan aturan, panitia PPDB menyiapkan kuota 20 persen untuk jalur afirmasi. Di dalamnya sudah termasuk untuk penyandang disabilitas, dari keluarga kurang mampu, dan perpindahan orang tua.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini