Connect with us

Headline

Gagas Supermarket Bibit Pohon Gratis untuk Warga

Dr Syamsu Rizal MI, Ketua Forum Sulsel Peduli

-

LAMA tak terdengar kabarnya usai pemilihan wali kota (pilwali) Makassar tahun 2020, Dr Syamsu Rizal MI kini muncul. Ia membawa kabar tentang sebuah forum yang digawanginya. Namanya Sulsel Peduli.

MASIH seperti pembawaannya selama ini, Deng Ical –sapaan akrab Syamsu Rizal– tetap sombere. Hadir menjadi tamu siniar untuk kanal Youtube Berita Kota Makassar ia lugas menjawab tentang Forum Sulsel Peduli. Termasuk ketika pertanyaan mengarah pada soal politik yang dihubungkan dengan aktivitas sosialnya saat ini.

”Forum Sulsel Peduli kini memasuki hampir enam tahun. Didirikan oleh banyak orang dari berbagai pemangku kepentingan di bidang kebencanaan dan lingkungan. Di dalamnya tergabung LSM , aktivis perempuan, pecinta alam, jurnalis, aktivis penanggulangan bencana,” tutur Deng Ical.
Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar ini berkisah, Forum Sulsel Peduli lahir dari kebiasaan kumpul-kumpul para pencetusnya. ”Daripada kongkow biasa saja, lebih baik dilembagakan. Akhirnya muncullah Forum Sulsel Peduli,” terangnya.

Diakuinya, kegiatan forum ini sebenarnya telah berlangsung secara simultan, namun jarang terkoordinir dengan baik. Baru setahun terakhir hal itu dilakukan. Ia berharap tahun ini bisa direalisasikan program yang terencana dengan baik. Karena itu, dalam waktu dekat Forum Sulsel Peduli akan menggelar rapat kerja (raker) guna membahas apa yang menjadi program prioritas.
”Dulu, kalau ada bencana, Forum Sulsel Peduli selalu ada. Kebekaran Bawakaraeng kami ada. Abrasi pada beberapa pulau di Makassar dan sekitarnya kita hadir menanam pohon. Di Untia kita tanam mangrove. Ada gizi buruk kita urus. Dan karena energi kita yang terbatas, akhirnya disepakati untuk lebih fokus. Jadi kita ke bidang lingkungan dan pembibitan pohon,” jelas Deng Ical.

Laman: 1 2 3 4

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini