Connect with us

Sulselbar

Satgas PMK Semprot Disinfektan Pasar Hewan

-

SEMPROT -- Satu unit Damkar dikerahkan Satgas PMK Toraja Utara untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke Pasar Hewan Bolu dan kandang ternak milik warga guna memutus mata rantai penyebaran virus PMK di Torut dan Tator.

RANTEPAO, BKM — Satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Toraja Utara melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran virus PMKdi Pasar Hewan Bolu maupun di kandang ternak milik warga.

Ketua Satgas PMK, Frederik Victor Palimbong (FVP) juga Wakil Bupati Toraja Utara, Selasa (19/7) mengatakan Satgas mengerahkan stu unit Damkar berkeliling dipemukiman warga untuk menyemprot kandang hewan ternak warga. Di Pasar Hewan Bolu, ratusan kerbau dan hewan lainnya hendak dijual disemprot disinfektan untuk mematikan virus dan kuman mudah menular.
”Treatmen lain juga lakukan Satgas selain pemberian multivitamin, juga antibiotic, larutan penyegar, dan obat luka hewan terserang virus, ”terang Frederik.

Ditambahkan FVP, sebelum PMK reda Satgas lockdown dengan perketat hewan keluar masuk di Toraja Utara perketat penjagaan diperbatasan, melibatkan TNI, Polri, Sapol PP, LLAJ, dan dokter hewan. Satgas PMK sudah melakukan vaksinasi 2.000 ekor kerbau setelah menerima bantuan vaksin 2.000 dosis dari pemerintah pusat.

Sebelumnya diwartakan media ini data dari Satgas PMK Toraja Utara (15/7) masih 129 ekor kerbau positif PMK. 13 ekor diantaranya sudah sembuh, sehingga dinyatakan positif tinggal 109 ekor. Kemudian enam ekor kerbau mati serta satu ekor dipotong bersyarat dengan uang pengganti Rp 10 juta. (gus/C)

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini