Connect with us

Politik

Ajiep Minta ASS Pertimbangkan Ubah BPD Jadi Bank Syariah

-

IST BERKUNJUNG--Anggota DPD RI Dr Ajiep Padindang bersama Plt direktur utama Bank Sulselbar Yulis Suandi saat berkunjung ke Kota Makassar, Kamis (21/7)

Sudah lama OJK tentang syarat UUS berubah menjadi Bank Syariah terpisah dari induknya, tetapi Pemprov Sulsel tidak serius meresponnya, maka tahun 2023 UUS BPD Sulselbar harus dihentikan oleh OJK karena tidak memenuhi syarat kecukupan modal. “Kalau ada komitmen kuat mau membuat perbankan syariah, kenapa bukan Spin Off UUS BPD Sulselbar saja dengan menambah modal Pemprov dan Kabupaten Kota/Kabupaten,”jelas Ajiep.

Senator Ajiep juga mengingatkan Plt Dirut Julis Suandi beserta jajarannya yang saat ini sedang memproses persiapan pelaksanaan konversi BPD Sulselbar konvensional menjadi Bank Umum Syariah. Sebagaimana diuraikan Plt.Dirut Yulis Suandi, melalui kepala Bidang Perencnaan tim kerja program transformasi BPD Syariah Rizal, bahwa sejak RUPSS Juni 2022 lalu telah disusun timeline konversi dengan target Juni 2023 sudah RUPSLB menyatakan perubahan BPD Sulselbar menjadi Bank Umum Syariah, tentu setelah keluar izin Operasional dari OJK. “Semoga OJK teliti, cermat dan hati-hati dalam memberikan izin,”tegas Anggota Komite Keuangan DPD RI ini.
Menurut informasi, sejumlah kepala daerah mewanti-wanti pihak direksi saat akan tanda tangan persetujuan RUPS untuk mengubah BPD Sulselbar menjadi Bank Umum Syariah, agar deviden yang diterima tidak berkurang bahkan harus bertambah jika berubah menjadi Bank Syariah.

Kekhawatiran Ajiep kalau tahun-tahun pertama tentu Mudharabah (bukan lagi sistem deviden) yang diterima Pemda, kemungkinan besar akan berkurang sebab pihak direksi akan melakukan infestasi besar-besaran dalam membangun infrastruktur baru sesuai prinsip kerja Bank Syariah. “Kalau saya memperingatkan Pemda dan meminta Gubernur mempertimbangkan perubahan Bank BPD Sulselbar, tak lain dari aspek kesiapan Manajemen Bank Sulselbar dan prospek bisnisnya,”kata Ajiep. (rif)

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini