Connect with us

Politik

Fraksi Golkar dan Hanura Dukung Pemekaran Toraja Barat

-

MAKALE, BKM–Dua fraksi di DPRD Tana Toraja yakni Golkar dan Hanura memberikan dukungan atas niat untuk memekarkan Tana Toraja dengan Toraja Barat (Tobar).

Ketua Fraksi Hanura DPRD Tana Toraja Andarias Tadan, mengaku fraksinya memberikan dukungan sangat beralasan untuk daerah otonomi baru Toraja Barat.
Menurut Andarias, wacana terbentuknya kabupaten Toraja Barat bukan hal yang baru, sebab sudah 19 tahun silam diwacanakan dan panitianya sudah terbentuk.
Yang terjadi saat pertemuan di Cafe Firly Kasimpo Makale, Minggu (25/7) hanya untuk memperbaharui panitia pemekaran setelah tidur panjang selama 19 tahun, sebab sudah ada beberapa panitia meninggal.

Menurutnya, wacana terbentuknya Toraja Barat telah digagas bersamaan Toraja Utara. Setelah panitia pemekaran diperbaharui wajar diberikan dukungan politik melalui pendekatan wilayah pengembangan potensi daerah.
“Setelah mencuat kepermukaan dan viral di media sosial rencana terbentuknya kabupaten baru, jangan diartikulasikan kental dengan kepentingan politik. Meskipun terbentuknya daerah otonomi baru ditetapkan dengan keputusan politik,”jelasnya.
Andarias menjelaskan bila banyak hal baru didapatkan masyarakat pasca mekar, selain menikmati pemerataan pembangunan, juga pengembangan potensi alam pariwisata, peternakan, maupun perhutanan sosial.

“Jadi Toraja Barat mekar bukan karena ada masalah, melainkan kerinduan pendekatan pelayanan prima. Fraksi Hanura dukung proses dan syarat pemekaran demi Toraja Barat lebih maju dan sejahtera, ujar Andarias.
Hal sama disampaikan Ketua Fraksi Golkar, Kendek Rante yang mengemukakan bila impian masyarakat Toraja Barat mekar sudah lama. Panitia terbentuk sekarang hanyalah kelanjutan panitia sebelumnya. Apalagi kecamatan bersedia masuk Toraja Barat batas wilayah adminstrasi Tana Toraja dan Toraja Utara sangat jelas.
Meskipun nantinya sudah mekar namun interaksi sosial tetap jalan seperti biasa, dan dua kabupaten tetangga diharap tetap eksis memayungi dan bimbingan berkelanjutan kepada daerah otonomi baru.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini