Connect with us

Headline

Urai Macet di Jembatan Barombong dan Ide Menarik Zebra Cross

AKBP Zulanda, Kasat Lantas Polrestabes Makassar

-

MASA jabatan AKBP Zulanda sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas di Polrestabes Makassar masih seumur jagung. Kurang lebih tiga bulan amanah itu diembannya. Walau begitu, sebuah gebrakan telah dilakukannya. Ada pula cetusan ide menarik tentang pemanfaatan zebra cross untuk akse penyeberangan orang.

JIKA menyebut jembatan Barombong yang ada di perbatasan Makassar dan Kabupaten Gowa, macet menjadi diksi yang selalu disebut para pengendara ketika melintas. Pemandangan itu selalu tersaji pada pagi hari pukul 06.00-08.00 Wita, dan di sore hari pukul 16.00-1800 Wita.
Hal itu yang mengundang AKBP Zulanda untuk berbuat sesuatu. Penanganan macet di titik tersebut menjadi salah satu fokus perhatiannya di awal menjabat.
Dalam siniar yang tayang di kanal Youtube Berita Kota Makassar, AKBP Zulanda menyebut bahwa dirinya melihat keluhat masyarakat melalui media serta medsos terkait kemacetan di jembatan Barombong. Selanjutnya ia melakukan analisa di lokasi. Hasilnya, keluarlah kebijakan untuk melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di titik tersebut.

”Kami bersama Dishub terlebih dahulu melakukan uji coba. Tidak langsung menerapkannya. Nanti setelah uji coba dan dinyatakan berhasil, barulah dipatenkan dengan memberikan rambu-rambu di lokasi tersebut,” terang Zulanda.
Disebutkan Kasat Lantas, kepadatan arus di jembatan Barombong berlangsung temporer pada pagi dan sore hari. Tidak berlangsung sepanjang waktu. Ia menilai menilai kepadatan yang terjadi di sana diakibatkan oleh terjadinya corssing (penyeberangan), pemotongan arus kendaraan. Akibatnya, pada saat pengendaraa memotong dari kanan ke kiri atau sebaliknya, menyebabkan tundaan-tundaan sehingga menimbulkan efek domino yang kesannya terjadinya padat merayap.

Laman: 1 2 3 4

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini