Connect with us

Gojentakmapan

Chaidir akan Dorong Akad Kredit Perumahan di Maros

-

MAROS, BKM — Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sulawesi Selatan khususnya TPAKD Maros menggelar rapat pleno. Rapat ini digelar di Baruga B kantor bupati Maros, Selasa (2/8). Bersamaan dengan itu, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Percepatan Program Klasterisasi UMKM dan Monitoring Evaluasi Program Literasi Keuangan Mahasiswa KKN Universitas Hasanuddin.

TPAKD Kabupaten Maros merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait peningkatan percepatan akses keuangan di daerah. Sesuai dengan visi Maros, mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. Beberapa realisasi kegiatan TPAKD Kabupaten Maros 2022 telah terlaksana. Di antaranya pengimputan data UMKM dalam aplikasi SIKP sebantak 7.989.
Selanjutnya, ada budidaya menabung sejak dini sebanyak 10.087 rekening. Pembangunan gedung sarana dan prasarana Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Dan beberapa realisasi lainnya.
Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada OJK dan BI yang telah memberikan berbagai fasilitas di Kabupaten Maros. Menurutnya, ini sebagai spirit untuk lebih bergerak lagi.
”Semua stakeholder, OJK, BI kami sangat berterimakasih. Juga pada semua Bank yang melakukan pembinaan terhadap kelompok klaster UMKM kami, bahkan menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR),” ungkapnya.

Berdasarkan data OJK terhadap persebaran KUR di Sulsel, dari 24 kabupaten/kota, Maros berada pada urutan ke-14. Chaidir menanggapi, ini disebabkan beberapa hal yang menyebabkan perhitungan menjadi sedikit keliru.
”Misalnya saja pembangunan perumahan. Hampir 80 persen pembangunan dilakukan di Maros. Tetapi saat akad, ternyata dilakukan di perbankan yang ada di Makassar. Sehingga kadangkala investasinya masuk di hitungan Makassar,” bebernya.

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini