Connect with us

Sulselbar

Guru-Nakes Ikuti Pelatihan Konvensi Hak Anak

-

BULUKUMBA, BKM — Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Pemkab Bulukumba menggelar sosialisasi pencegahan Kekerasan Terhadap Anak (KTA).
Sosialisasi dirangkai dengan pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) pada Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA), Puskesmas Ramah Anak (PRAP) dan Masjid Ramah Anak (MRA) di lantai dua Rumah Makan Sulawesi, Selasa (2/8).
Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPPKBPPPA Bulukumba, Irmayanti Asnawi melaporkan sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan selama tiga hari dimulai Selasa (2-4/8).

Dia menjelaskan total peserta berjumlah 120 orang, yang setiap kegiatan masing-masing dibagi 40 orang, terdiri dari para perwakilan Kepsek SMAN, SMPN, SD, TK, penyuluh pengelola masjid dan tenaga kesehatan (Nakes).
“Narasumber kita dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Kemenag serta fasilitator nasional konfensi hak anak,” katanya.
Dia berharap sosialisasi ini dapat membantu pemahaman para peserta mengenai perlindungan anak dan pilot ramah anak di Kabupaten Bulukumba. Sosialisasi diharap dapat membantu draft rancangan aksi bersama untuk mewujudkan Satuan Pendidikan Ramah Anak, Mesjid Ramah Anak dan Puskesmas Ramah Anak.

Dengan kegiatan ini diharapkan indikator Kabupaten/Kota layak anak dapat dipenuhi dengan menumbuhkan komitmen bersama untuk menciptakan SRA, MRA dan PRA.
“Sehingga dapat tercipta masa depan bangsa yang lebih berintegritas, berkualitas dan berakhlakul karimah,” terangnya.
Kepala DPPKBPPPA Bulukumba dr Wahyuni mengatakan pemerintah berkomitmen melindungi dan memenuhi hak-hak anak dan diatur oleh UU.
“Selain di rumah, kita juga harus melindungi dan memenuhi hak-hak anak di sekolah, sehingga kita menghadirkan para kepala sekolah dan guru pada sosialisasi ini,” ujarnya.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini