Connect with us

Headline

17 Kantor Lurah Bermasalah, Ada yang Numpang di Kontainer

-

“Pembangunan kantor lurah akan dimasukkan dalam Rancangan APBD Pokok 2023 mendatang. Estimasi kebutuhan masih diperhitungkan. Anggarannya nanti akan dimasukkan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU),” jelas Helmy.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar Zuhaelsy Zubir menyampaikan, sebenarnya sudah ada beberapa kantor lurah yang dibenahi tahun ini. Anggarannya masuk di APBD Pokok 2022. Alokasinya untuk merehabilitasi kantor lurah yang rusak parah. Di antaranya kantor Lurah Berua, Cambaya, dan kantor Lurah Buakana.
Untuk 2023 mendatang, Pemkot Makassar akan membangun sekitar 15 kantor kelurahan yang tersebar di beberapa kecamatan.

“Dianggarkan di APBD 2023 pokok. Ada 15 tersebar di beberapa kecamatan. Selama ini memang banyak meminta usulan, tapi kita kembalikan ke lurahnya,” ucapnya.
Meski pembangunan kantor tersebut dirasa mendesak, yang menjadi kendala adalah lahannya. “Kami hanya membangun. Urusannya lahannya diberikan ke masing-masing kelurahan,” imbuhnya.

Salah satu yang kerap dikeluhkan karena kondisinya memprihatinkan adalah kantor Lurah Sawerigading, Kecamatan Ujung Pandang Salah satu warga atas nama Yulia Rahma menyampaikan, setiap hujan, kantor tersebut pasti tergenang air. Atapnya pun sudah bocor-bocor.
Hal senada disampaikan Lurah Sawerigading Feisal Habriyono. Ia membeberkan sejak dibangun pada 1994 lalu, kantor tempatnya bekerja saat ini sama sekali belum direnovasi. Bukan hanya atap yang bocor, rangka plafon juga sudah tidak kuat. Ditakutkan akan rubuh jika terus dibiarkan seperti itu. Saat tergenang, pelayanan di kelurahan terpaksa harus dipindahkan ke kontainer Recover Center yang berlokasi di depan kantor Kelurahan.
“Tiap hujan pasti merembes airnya, makanya kami pindahkan pelayanan ke depan (kontainer),” jelasnya.
Selain kantor Lurah Sawerigading, DPRD Makassar juga pernah menyoroti kantor Lurah Kunjung Mae, Kecamatan Mariso dan kantor Kelurahan Bonto Lebang, Kecamatan Mamajang.

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini