Connect with us

Bisnis

BHS Soroti Harga BBM di Indonesia yang Mahal

-

HARGA BBM -- Bambang Haryo Soekartono ketika mengunjungi salah satu SPBU di Malaysia untuk membandingkan harga BBM yang berlaku di Malaysia dengan Indonesia.

MAKASSAR, BKM — Pengamat Kebijakan Publik, Bambang Haryo Soekartono, menyoroti pernyataan yang dilontarkan direktur utama (Dirut) Pertamina beberapa hari lalu terkait besaran subsidi yang dikeluarkan pemerintah di Malaysia dan Indonesia.
Dimana, Dirut Pertamina menyatakan kalau subsidi harga BBM Petrol 95 (oktan 95) yang ada di Malaysia jauh lebih besar dari subsidi harga BBM Pertalite oktan 90 yang ada di Indonesia.
Bambang Haryo Soekartono yang akrab disapa BHS menyampaikan, kalau pernyataan itu adalah tidak benar dan tidak berdasar. Sehingga harga Pertalite harus lebih mahal dari Petrol 95 produk dari Petronas Malaysia.

”Saya melakukan cek langsung ke Malaysia. Ternyata, harga Petrol 95 yang oktannya setara dengan Pertamax Plus sebesar 2,05 ringgit dengan kurs ringgit 3.339 atau setara Rp6.844 subsidi dari petrol 95 di Malaysia sebesar 0,45 ringgit atau setara Rp1.502. Sehingga harga tanpa subsidi di Malaysia sebesar 2,5 ringgit atau setara Rp8.347,” kata BHS yang juga Ketua Harian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Timur dalam rilisnya yang disampaikan ke Redaksi Berita Kota Makassar, Rabu (3/8).

Diungkapkan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini, harga Pertalite yang dikatakan Pertamina per Juli 2022 bila tanpa subsidi adalah sebesar Rp17.200 per liter dan Pertamina mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk Pertalite sebesar Rp9.550 per liter agar masyarakat bisa membeli dengan harga sebesar Rp7.650 rupiah per liter yang masih jauh lebih mahal dari harga Petrol 95 di Malaysia.
Sehingga jelas subsidi di Malaysia jauh lebih kecil dari pada subsidi BBM yang ada di Indonesia. Berarti, kata mantan Wakil Sekjen MTI Pusat ini, bila pernyataan di media itu benar, maka Dirut Pertamina diduga telah melakukan pembohongan publik, lantaran memberikan pernyataan tanpa melakukan kajian dengan teliti.

Halaman
1 2 3 4

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini