Connect with us

Gojentakmapan

SYL: Petani Harus Jadikan Pertanian Sebagai Bisnis

-

IST PELATIHAN -- Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, saat menghadiri pelatihan literasi keuangan petani di Batangkaluku.

GOWA, BKM — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap, petani menjadikan pertaniannya sebagai bisnis. Hal ini dikemukakan SYL sebagai upaya mengarahkan mindset petani menjadi lebih terbuka dan berwawasan mengoptimalkan keuntungan dalam bertani agar kesejahteraan petani meningkat.
Ungkapan mantan gubernur Sulsel ini disampaikan saat membuka pelatihan literasi keuangan bagi perwakilan rumahtangga petani dalam program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative (Readsi) yang berlangsung di kantor BBPP Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, Sabtu (20/8).

Dalam kegiatan itu, Mentan yang didampingi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan, berbagai program akselerasi dilakukan untuk dapat meningkatkan stok pangan sekaligus pendapatan rumahtangga petani guna menghadapi tantangan krisis pangan dunia.

Salah satu cara untuk itu adalah mengikutkan petani dalam pelatihan literasi keuangan bagi perwakilan rumahtangga petani sekaligus pelatihan teknis bagi penyuluh dan bimbingan teknis Smart Farming dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani.
”Upaya ini menjadi penting karena dengan kondisi cuaca yang sangat ekstrem pelatihan-pelatihan ini sangat berguna untuk membangun mindset baru petani, budidaya dan perilaku petani yang lebih adaptif lagi sesuai dengan tantangan. Intinya petani harus jadikan pertanian sebagai bisnis,” kata SYL.
Selama ini, pertanian cukup terakses dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan hasilnya cukup baik oleh karena itu KUR menjadi titik sentral. Kemudian memperkuat KUR itu pada semua jenis komoditi pertanian yang ada.

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini