Connect with us

Headline

Ada Musik Panini Bosi, Pertunjukan Teater dari Cerita Rakyat Asli

Hari Ini Pentas Karya XIII Aksara FIP UNM

-

HARI ini, Rabu (14/9), sebuah perhelatan akbar digelar Biro Kerja Mahasiswa Fakultas Apresiasi Seni dan Sastra (BKMF Aksara) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM). Namanya Pentas Karya XIII. Dipusatkan di Kampus IV Tidung UNM. Tepatnya di Lapangan FIK.

KETUA Aksara A Lathifa Abd Hamid, Ketua Panitia Andi Rumman Pagala, serta Koordinator Musik Muh Fathul Muin hadir menjadi tamu siniar untuk kanal Youtube Berita Kota Makassar , Selasa (13/9). Mereka membahas tentang Aksara dan rencana pementasan yang akan digelar.
Menurut Lathifa, Aksara merupakan lembaga kemahasiswa tingkat fakultas. Ketua umumnya disebut pangngulu. Sementara anggotanya dinamakan warga. Untuk sekretariat, mereka menyebutnya rumah. Menariknya, pangngulu Aksara selalu dijabat oleh seorang perempuan. Sejak berdirinya di tahun 2007 hingga sekarang, laki-laki tak pernah memimpin lembaga ini.

”Itu memang sudah diatur dalam AD/ART Aksara. Kalau di setiap UKM atau himpunan mempunyai sekretariat, kami tidak. Yang ada Rumah Aksara. Di dalam sebuah rumah butuh sosok ibu. Karena itu sejak tahun pertama terbentuk hingga sekarang, pangngulu tidak pernah laki-laki. Selalu perempuan, karena perempuan mengedepankan perasaan. Termasuk dalam mengurus rumah,” terang Lathifa.

Untuk bergabung menjadi warga Aksara, mereka merupakan mahasiswa FIP. Ada berbagai tahapan yang mesti dilalui jika ingin menjadi anggota. Pertama pra Pilar, selanjutnya mengikuti Pilar Satu, Pilar Dua, Pilar Tiga, hingga masuk ke proses pengukuhan.
Saat ini, Lathifah menyebut, pengurus Aksara berjumlah 23 orang. Calon warga yang segera bergabung sebanyak 17 orang.
”Awal mula terbentuknya Aksara tidak menyeluruh ke semuah jurusan untuk perekrutan anggotanya. Hanya terbetas pada Bimbingan Konseling. Lama kelamaan akhirnya diperluas dengan merekrut warga dari berbagai jurusan di FIP. Dalam Aksara ada divisi musik, sastra, tari, teater dan pakareso, yang di dalamnya terdapat artistik dan manajemen,” ungkap Lathifa.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini