Connect with us

Metro

Bulan Ini Masuk Musim Penghujan

Puncak Hujan Desember Hingga Januari 2023

-

MAKASSAR, BKM–Musim hujan mulai terasa setiap hari di Kota Makassar dan daerah terdekat yakni Kabupaten Gowa. Bahkan hujan terjadi di setiap siang dan sore hari. Menyikapi hal itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim hujan untuk tahun 2022/2023 akan datang lebih awal dibandingkan normalnya.

Diprakirakan, awal musim hujan akan terjadi di bulan September hingga November 2022 dengan puncak musim penghujan diprakirakan terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023. Sedangkan, Fenomena La Nina diprakirakan akan terus melemah dan menuju netral pada periode Desember 2022 – Januari 2023. Dan, Fenomena IOD (Indian Ocean Dipole) diprakirakan akan tetap negatif hingga November 2022.

“Kombinasi dari kedua fenomena tersebut (La Nina dan IOD Negatif) diprakirakan akan berkontribusi pada meningkatnya curah hujan di untuk Indonesia secara menyeluruh, untuk Sulsel bulan September berawan Maros, Makassar dan sekitaranya,” ungkap Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Dwi Lestari Sanur dalam keterangannya, akhir pekan kemarin.
Dwi Lestari menyampaikan, prakiraan awal ini merupakan hasil dari analisis zona musim terupdate (ZOM9120) yang telah dilakukan BMKG untuk menjamin dan memastikan prakiraan musim penghujan menjadi lebih akurat dan tepat.

Zona musim terupdate (ZOM9120) ini, kata dia, merupakan hasil dari kegiatan Pemutakhiran Zona Musim berdasarkan Normal Curah Hujan periode 1991-2020.
Untuk diketahui, hasil Pemutakhiran Zona Musim (ZOM9120) menunjukkan adanya penambahan zona musim di masing-masing daerah. Pada awalnya, Zona Musim (ZOM) di Sulsel terdiri dari 342 ZOM dan 65 NONZOM.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini