Connect with us

Politik

Jika Dapat Amanah Jadi Gubernur, IAS Perhatikan Sao Raja La Pinceng

-

IST MENGUNJUNGI--Bakal calon Gubernur Sulsel Ilham Arief Sirajuddin bersama keluarga Bau Selo saat mengunjungi Sao Raja La Pinceng, Rabu (5/10) sore

BARRU, BKM–Bakal calon Gubernur Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) menyambangi Sao Raja La Pinceng di Balusu, Kabupaten Barru, Rabu (5/10) sore.
Kedatangan IAS disambut keluarga besar Sao Raja La Pinceng dengan penganan khas bugis.
Ada putu pesse, penganan berbahan tepung dan gula merah yang diolah lewat pijatan tangan. Ada onde-onde gula merah, kelapa, dan kacang ijo. Bahkan pisang goreng yang disajikan dengan penyedap gula merah.
Kendati menyisakan nuansa kerajaan yang sangat kuat, rumah adat yang berada di bawah Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulsel itu saat ini butuh perhatian. Butuh sentuhan dan renovasi agar jejak sejarahnya jauh lebih terjaga.

Andi Ibrahim, suami dari Bau Selo, cucu ke enam Raja Balusu, berkisah panjang tentang salah satu monumen sejarah kerajaan milik bangsa ini.
“Bantuan pengawasan Alhamdulillah selalu kami terima. Tapi seperti inilah keadaan sao raja ini dengan bantuan pengawasan itu,” terang Ibrahim.
Sao Raja ini selalu saja dikepung banjir setiap musim hujan. Itu karena air dari Sungai Balusu, yang menjadi batas antara Desa Balusu dan Lampoko, selalu meluap.
Kalau sudah meluap, seringkali air menggenang hingga 1 meter di bawah kolong. Peliknya, karena kayu bahan utama rumah itu termakan air. Kebalikan dari kayu kebanyakan yang semakin kuat jika terendam dengan air.
“Jadi solusi yang kami tawarkan adalah rumah ini harus bisa diangkat 1 meter lebih tinggi. Selain itu, harus ada upaya lanjutan penanganan Sungai Balusu agar tidak meluap,” jelas Ibrahim diamini istrinya, Bau Selo.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini