Connect with us

Sulselbar

Amran Hadiri Panen Raya di Tomodi

-

WAJO,BKM — Bupati Wajo, Amran Mahmud menghadiri panen raya di Tomodi, Kelurahan Pattirosompe, Kecamatan Tempe baru-baru ini. Kegiatan ini digelar Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Wajo melalui Program Tani Bangkit.

Amran mengungkapkan, Wajo bukanlah daerah dengan luas lahan persawahan terluas di Sulsel. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel 2021 menunjukkan Wajo punya luas lahan 133.495,30 hektare. Kedua terluas setelah Kabupaten Bone dengan 165259,93 hektare.
Dari segi produksi, Wajo bisa bersaing. Rata-rata produksi padi per tahun sekitar 800 ribu ton. “Hal ini disebabkan karena Wajo memiliki lahan persawahan yang beragam. Ada yang tadah hujan, ada semiteknis, dan ada lahan persawahan teknis,” ungkapnya.

Amran memuji Lazismu Wajo. Menurutnya, program yang dijalankan sejalan dengan program Pemkab Wajo, yakni pengembangan sektor pertanian.
“Kabupaten Wajo memiliki potensi pertanian yang sangat luas tentu. Tentu hal ini menjadi peluang bagi pemerintah dan masyarakat Wajo untuk terus berinovasi mengembangkan sektor pertanian,” ucap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Wajo ini.
Sementara, Ketua Umum PP Lazismu, Mahli Zainuddin Tago, yang hadir pada kesempatan ini mengatakan Lazismu mendorong penuh program pemberdayaan petani melalui Program Tani Bangkit, termasuk di Wajo.
Mahli juga berpesan agar pemberdayaan petani dibarengi dengan pembenahan pasar. “Jangan sampai kita sukses memberdayakan petaninya, tetapi kita terkendala oleh pasar. Akhirnya apa yang kita lakukan menjadi sia-sia karena hasil panen petani tidak terserap oleh pasar,” ucapnya. (ono/C)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini