Connect with us

Headline

Tak Semua Warga Binaan Kasus Narkoba Orang Jahat

Kisah Mahasiswa Psikologi UNM KKP di Rutan Makassar

-

IMEJ yang tertanam di benak awam selama ini adalah mereka yang menjadi warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) merupakan orang jahat dan melakukan tindak kriminal. Siapa sangka, ternyata ada sebagian di antara mereka yang ‘dijebak’ hingga masuk bui, bahkan oleh teman baiknya sendiri.

CINDY Caroline, Misly Megautari Putri, dan Surya Algazali Akbar merupakan mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM). Belum lama ini mereka melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Makassar.
Ketiga mahasiswa ini berkuliah di semester VII namun beda kelas. Masuk ke Rutan, mereka membawa dua program bagi warga binaan. Masing-masing music theraphy dan morning positif. Pengalaman mereka bertiga ketika melaksanakan program tersebut dibahas dalam siniar untuk kanal Youtube Berita Kota Makassar.
Di awal wawancara, ketiganya lebih dulu ditanya tentang alasan memilih berkuliah di Fakultas Psikologi UNM. Menurut Cindy, ia memang sudah tertarik sejak duduk di bangku SMP. Ia ingin mengetahui ilmu yang mempelajari bagaimana orang bisa memahami orang lain dan juga diri sendiri.
Sementara Surya, mengaku dekat dengan orang-orang berlatar belakang prikologi ketika duduk di bangku SMA. Seperti wali kelas dan pembinanya di sebuah komunitas.
Sedangkan Misly, lebih tertarik psikologi karena dari pengalaman diri sendiri. Ia tergolong introvert. Untuk cerita ke orang-orang pasti susah dan berusah memendamnya sendiri. Dia maunya orang lain yang mengerti.
”Karena itu, saya sengaja mengambil psikologi agar orang yang seperti itu bisa terbantu. Ada beberapa kasus, mereka memilih self heart karena tidak tahu mau cerita ke mana. Akhirnya semua emosinya kembali ke diri sendiri,” tuturnya.
Tentang pelaksanaan KKP di Rutan, Surya menjelaskan lokasi tersebut sengaja dipilih karena mereka fokusnya psikologi. Orang yang diintervensi dalam pelaksanaan program merupakan warga binaan dari berbagai macam masalah hingga akhirnya masuk rutan. Yang ingin diketahui adalah dampak psikologis yang dialami setelah menjadi warga binaan.

Laman: 1 2 3 4 5

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini