pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken
pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken

30 Wali Kota dan Enam Negara Terkonfirmasi Hadir

Ikuti Rakernis Nasional Apeksi dan Makassar Investment Forum

MAKASSAR, BKM — Kota Makassar akan merayakan Hari Jadi ke-415 pada 9 November 2022 mendatang. Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyemarakkan hari jadi itu. Pemkot sudah mengagendakan sejumlah kegiatan menarik untuk menyemarakkan hari jadi tersebut.
Bersamaan dengan hari jadinya, Pemkot Makassar juga menjadi tuan rumah Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Nasional Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) 2022 dan Makassar Investment Forum pada 7-9 November 2022.
Agar perayaan hari jadi dan Rakernis berlangsung lancar serta sukses, Pemkot Makassar menggelar rapat persiapan yang dihadiri seluruh unsur pimpinan. Mulai dari Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Wakil Wali Kota Fatmawati Rusdi, Sekretaris Kota Muh Anshar, Ketua Tim Penggerak PKK Makassar Indira Yusuf Ismail, kepala OPD hingga camat dan lurah. Rapat digelar di Ruang Sipakatau Kantor Wali Kota Makassar, Selasa (1/11).
Danny mengatakan, perayaan HUT Makassar kali ini akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Biasanya kita rayakan tiga hari tiga malam. Namun tahun ini hanya satu hari saja. Perayaan pagi hingga malam. Walau perayaan hanya satu hari, dipastikan lebih semarak,” jelas Danny.
Rencananya, puncak perayaan HUT Kota Makassar akan digelar di Lapangan Karebosi Makassar dengan konsep Street Carnival. Akan ada pawai, pertunjukan barongsai, defile kuda, karnaval, dan masih banyak lagi. Mereka nantinya akan melintas di jalan yang telah disiapkan dan melewati panggung kehormatan.
Selain itu, ada banyak rangkaian lomba yang dilakukan. Di antaranya lomba Lorong Wisata, lomba musik anak lorong, street run, lomba lagu Makassar, lomba menghias yang melibatkan pimpinan OPD, dan berbagai kegiatan lainnya. “Untuk lomba lorong wisata, saya sendiri yang akan turun melakukan penilaian,” kata Danny.
Lebih jauh dikemukakan, akan ada juga pelaksanaan upacara bendera di seluruh lorong wisata bertepatan dengan hari jadi. Bersamaan dengan itu dilaunching pula Commuter Metro Moda (Co’mo). Akan ada pula doa dan zikir bersama yang akan dilaksanakan sehari sebelum peringatan HUT Kota Makassar.
Berdasarkan data Bagian Kerja Sama Setda Kota Makassar, hingga 31 Oktober tercatat sudah ada 30 wali kota yang terkonfirmasi hadir di Rakernis Apeksi 2022.
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto cukup bangga, karena banyak kepala daerah yang ingin menghadiri Rakernis 2022. Apalagi di 2023, Kota Makassar menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Apeksi.
“Kita cukup suprise karena awalnya saya pikir cuma lima wali kota yang akan hadir. Tapi hingga saat ini sudah ada 30 wali kota yang terkonfirmasi hadir,” kata Danny Pomanto.
Karena itu, pemkot terus mematangkan persiapan untuk menyukseskan Rakernis Apeksi 2022 dan Makassar Investment Forum.
Terlebih lagi, enam negara akan mengikuti Makassar Investment Forum. Seperti Belanda, Jerman, Korea Selatan, Inggris, Singapura, dan Australia.
“Artinya, Kota Makassar ini mempunyai daya tarik karena semua mau datang. Bahkan, Hongkong juga minta kesempatan untuk pemaparan,” tuturnya.
Mengusung tema ”Otonomi Fiskal, Investasi dan Kemandirian Kota”, kepala daerah yang hadir di Rakernis Apeksi 2022 juga akan melakukan city tour di Lorong Wisata. Kepala daerah yang menghadiri Rakernis ini otomatis juga akan menjadi tamu undangan dalam perayaaan Hari Jadi Kota Makassar.
Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi meminta agar keterlibatan pemuda dalam HUT Makassar bisa dimaksimalkan agar ada kegiatan positif untuk mereka. Mengingat selama ini, aktifitas negatif yang dilakukan anak muda kerap jadi sorotan.
“Saya usulkan ada lomba musik atau nyanyi antaranak muda. Konsepnya nanti kita matangkan,” tandas Fatmawati. (rhm)


Share


Komentar Anda