Connect with us

Headline

Makassar Mall Direvitalisasi, PKL Blok B Diturunkan

Dirut Perumda Pasar Sebut MTIR Wanprestasi

-

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar berencana melakukan revitalisasi Makassar Mall atau Pasar Sentral. Program ini nantinya akan fokus di blok B.
Direktur Utama Perumda Pasar Karya Ichsan Abduh Hussein, menerangkan revitalisasi akan dilakukan karena kondisinya sudah rusak. Selain itu, hampir seluruh lods di blok B saat ini dominan ditempati pedagang kaki lima (PKL).
“Kita rencana revitalisasi Makassar Mal atau Pasar Sentral di blok B yang sekarang ditempatkan pedagang kaki lima. Itu kan bentuknya huruf L,” kata Ichsan saat diwawancara wartawan di Balai Kota Makassar, Selasa (1/11).
Saat ini, lanjut Ichsan, pihaknya sementara melakukan telaah, baik secara hukum maupun aspek ekonominya. Selanjutnya, disusunlah rencana kerja pemerintah (RKP) agar bisa diprogram pada tahun 2023 mendatang.
Lebih jauh dikemukakan, konsep revitalisasi bangunannya nanti tetap berbentuk rumah toko (ruko). Rencananya akan dibuat sekitar 106 lods nantinya.
Namun yang jadi persoalan, saat ini jumlah PKL yang berjualan di Blok B cukup banyak. Yakni sekitar 1.000 pedagang.
“Ada rencana atau konsep yang dikemukakan Pak Wal. Kita coba pikirkan apakah kita bisa bikin basement. Jadi biar mereka nanti yang tadinya (berjualan) di atas diturunkan ke bawah.

Jadi kita akan percantik, sama kayak mal. Sama kayak Karebosi Link. Di bawah itu kan ada deretan pedagang,” tutur Ichsan.
Revitalisasi atau pembangunan Blok B Makassar Mal nantinya akan menggunakan skema investasi. Tetap ada pengelolaan oleh pihak ketiga. Namun Perumda Pasar Jaya sudah punya ramuan terkait mekanisme kerja sama agar tidak bermasalah ke depan.
Dia pun menyindir kerja sama yang selama ini dilakukan bersama MTIR yang wanprestasi. “Ini kan hampir semua yang dikerjasamakan berakhir dengan permasalahan. Dengan MTIR wanprestasi. Yang janjinya dia mau bangun blok B sampai sekarang dibiarkan. Dia cuma bangun blok A. Blok A ini pun sebenarnya merugikan kami karena tidak ada aktivitas perdagangan di situ. Banyak lods kosong,” keluhnya.
Revitalisasi Pasar Sentral sejauh ini masih dalam tahap perencanaan. Banyak yang harus dikaji, termasuk mekanisme dan pembiayaannya. Serta seberapa besar anggaran yang dibutuhkan.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini