Connect with us

Headline

SYL Minta Pramuka Ikut Jaga Inflasi di Makassar

Turun ke Lorong Ikut Menanam

-

IST LANTIK-Ketua Kwarda Pramuka Sulsel Syahrul Yasin Limpo menandatangani berita acara pelantikan Mabicab Gerakan Pramuka Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan Ketua Kwarcab Makassar Fatmawati Rusdi untuk periode 2019-2024. Pelantikan dan pengukuhan dilakukan Jumat (4/11) di Hotel Four Point by Sheraton.

MAKASSAR, BKM — Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Sulsel Syahrul Yasin Limpo melantik dan mengukuhkan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Makassar Fatmawati Rusdi untuk periode 2019-2024.
Pelantikan dan pengukuhan dilakukan Jumat (4/11) di Hotel Four Point by Sheraton, dihadiri ribuan pengurus dan anggota gerakan Pramuka se-Makassar. Termasuk Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, Ketua Tim Penggerak PKK Indira Jusuf Ismail, Forkopimda, dan kepala OPD.
Ketua Kwarda Gerakan Pramuka yang juga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengingatkan kepada Pramuka bahwa kondisi dunia tahun depan tidak baik-baik saja. Sejumlah krisis terjadi di berbagai belahan dunia. Untuk itu dibutuhkan program dan strategi untuk menghindarkan Indonesia, termasuk Makassar dari krisis, khususnya krisis pangan.
Dia mengatakan, Pemerintah Kota Makassar di bawah kepemimpinan Wali Kota Mohammad Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Fatmawati Rusdi punya program pembenahan lorong. Itu dianggap pintu masuk yang cukup tepat untuk ikut berkontribusi dalam ketahanan pangan menjaga inflasi tidak terlalu tinggi. Caranya, dengan menanam sejumlah tanaman komoditi yang juga menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari.
“Pak Wali Kota kan sudah punya program. Tinggal diarahkan untuk membooster terkait dengan tanaman tanaman yang berkaitan dengan inflasi. Seperti cabai, bawang, tomat, dan tanaman lainnya,” ungkap Syahrul.

Mantan gubernur Sulsel itu meminta pramuka ikut berkontribusi dalam menjaga inflasi dengan ikut turun ke lorong-lorong menanam tanaman yang dibutuhkan. “Penekanan untuk inflasi tentu tidak dapat dilakukan hanya pemerintah saja, tapi semua pihak. Termasuk Pramuka. Harus ambil bagian di dalamnya agar ketahanan pangan kita tetap terjaga di tengah ketidakpastian kondisi dunia saat ini,” tambahnya.
Dia menekankan, menghadapi persoalan tersebut, Kementerian Pertanian sudah mempersiapkan stok pangan hingga dua tahun ke depan, minimal 12 pangan dasar.
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengapresiasi pernyataan Mentan yang meminta Pramuka ikut dilibatkan dalam pengendalian inflasi. Pramuka, menurutnya, harus menjadi garda terdepan yang mampu membantu dalam berbagai problematika yang terjadi di tengah masyarakat. Bukan hanya saat keadaan bencana alam, tapi juga bencana sosial.

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini