Connect with us

Bisnis

Astra Dukung B20 Summit, Dorong Pemerataan Akses dan Kualitas Pendidikan

-

REKOMENDASI KEBIJAKAN -- Chair of Future of Work and Education Task Force (FoWE TF) sekaligus Direktur Astra, Hamdhani Dzulkarnaen Salim, memaparkan rekomendasi kebijakan dari FoWE TF terkait tantangan terhadap tersedianya lapangan kerja yang berkelanjutan, pendidikan, dan inklusivitas di acara B20 Summit Indonesia 2022, Minggu (13/11).

BALI, BKM — Dalam rangka mendorong pemerataan akses dan kualitas pendidikan di semua tingkatan, Astra mendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Business 20 Indonesia atau B20 Summit Indonesia 2022 yang mengangkat tema ‘Advancing Innovative, Inclusive and Collaborative Growth’. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu dan Senin, 13-14 November 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali.
Dukungan tersebut diwujudkan melalui penguatan pelaksanaan link and match yang diinisiasi B20 Future of Work and Education Task Force (FoWE TF) bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dengan Astra bersama sejumlah anak usahanya, yaitu PT United Tractors Tbk, PT Astra Agro Lestari Tbk, PT Astra Otoparts Tbk, dan PT Astra Daihatsu Motor untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dengan memberikan pelatihan, pemagangan, dan masukan kurikulum yang sesuai lapangan kerja masa depan. Terutama mengenai otomasi, digitalisasi, Internet of Things (IoT), dan cloud.
”Pandemi memberikan kesempatan bagi kita untuk kembali menilai dan membangun sistem pendidikan yang relevan dengan peluang kerja di masa depan. Dalam hal meningkatkan dan memperbaharui keterampilan dalam skala besar, kita tidak dapat mengabaikan pentingnya peranan pendidikan vokasi dan sistem pelatihan,” ujar Chair of FoWE TF sekaligus Direktur Astra, Hamdhani Dzulkarnaen Salim, dalam sesi presentasi rekomendasi kebijakan dari FoWE TF.
Terdapat tiga rekomendasi kebijakan dari FoWE TF yang dipaparkan Hamdhani Dzulkarnaen Salim guna mempercepat pemulihan ekonomi dunia pascapandemi. Yaitu penciptaan pekerjaan berkelanjutan yang lebih dinamis dan fleksibel pada masa mendatang, pembaharuan sistem pendidikan yang selaras dengan kebutuhan pekerjaan masa depan, dan memastikan inklusivitas serta keterlibatan peran generasi muda, perempuan, dan kelompok rentan. Nantinya, rekomendasi kebijakan ini akan dibawa dalam G20 Summit dan diharapkan dapat diimplementasikan oleh negara-negara G20 untuk menjawab tantangan masa depan.
Lebih lanjut sebagai bentuk dukungan Astra dalam mendorong transisi ke ekonomi hijau melalui B20, Presiden Komisaris Astra, Prijono Sugiarto, mendapat kesempatan untuk menyambut Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, yang menyampaikan pidato utama pada sesi bertema ‘Peran Ekonomi Digital dan Industri 4.0 dalam Mempercepat Transisi Energi yang Berkeadilan’.
Gelaran B20 Indonesia Summit 2022 juga dihadiri Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, Managing Director of Development Policy and Partnership World Bank, Mari Elka Pangestu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Arifin Tasrif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, Host of B20 sekaligus Ketua Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, Chair of B20 Indonesia, Shinta Kamdani, dan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda yang hadir secara virtual.

Laman: 1 2 3


Populer Minggu ini