Connect with us

Headline

BMKG: Cuaca Ekstrem Hingga Tiga Hari ke Depan

Dua Pekerja Bangunan Selamat Usai Terimpa Pohon di Depan PN Makassar

-

MAKASSAR, BKM — Hujan deras dengan durasi yang cukup panjang mulai mengguyur Kota Makassar sejak Kamis malam (17/11) hingga Jumat sore (18/11). Sejumlah wilayah pun terendam banjir. Bahkan, di beberapa lokasi yang kerap menjadi langganan banjir, warga mulai dievakuasi ke tempat yang lebih aman.
Prakirawan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar Nur Asia Utama, menjelaskan cuaca ekstrem di mana hujan disertai angin kencang berpotensi masih terjadi hingga tiga hari ke depan.
Khususnya di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat. Termasuk Makassar, Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Parepare sampai Pinrang dan Sulsel bagian timur seperti Wajo, Bone, Sinjai, Bulukumba, dan Selayar.
“Untuk tiga hari ke depan, di Sulsel diperkirakan masih berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang, khususnya di wilayah Sulsel bagian barat. Hujan dengan kapasitas sedang dengan intensitas 50 mm ke bawah masih akan terjadi,” jelasnya..
Dia menerangkan, berdasarkan pemantauan citra satelit dan radar BMKG sekitar subuh pukul 06.00 Wita, terpantau pembentukan awan hujan cukup signifikan di wilayah Sulsel Bagian Barat, dan itu diperkirakan pertumbuhannya dari laut.
“Jadi biasanya kalau seperti itu massa udaranya ada terus bertambah. Itulah kenapa cuaca hari ini (kemarin) agak ekstrem. Salah satunya ada penumpukan massa udara dari pesisir barat dari laut,” beber Nurasia.
Dia menambahkan, hampir seluruh wilayah Sulsel saat ini sudah memasuki musim hujan. Puncaknya akan terjadi pada Desember hingga Januari mendatang.
Untuk itu masyarakat diimbau lebih waspada untuk menghadapi situasi karena ke depan intensitas hujan akan lebih besar lagi. Termasuk mewaspadai angin kencang yang juga bisa terjadi.

Laman: 1 2 3 4

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini