Connect with us

Sulselbar

Dua Kecamatan Terendam Banjir Kiriman

-

PAREPARE, BKM — Banjir terpara melanda dua kecamatan di Kota Parepare pada Jumat lalu. Satu kecamatan diantaranya merupakan banjir kiriman dari gunung sebelah timur yakni Lumpue Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare.
Dua kecamatan di Parepare sudah menjadi langganan setiap tahun ketika itu hujan deras disertai pasang air laut membuat kedua sungai meluap hingga merendam sawah, kebun sampai ke pemukiman rumah warga.
Apalagi posisi Kota Parepare merupakan pesisir Pantai sebelah barat kota melintang dari selatan keutara dan perbukitan dibagian timur hingga batas kabupaten Sidrap.

Di Bukit Madani (Tegal Dua) ada tiga Rw se Kelurahan Lapadde Kecamatan Ujung Parepare terendam air yamg merupakan luapan dari sungai Jawi Jawi.
Sementara di Kecamatan Bacukiki air sungai Karajae meluap dan merendam sawah hingga pemukiman warga dan ada tempat kegiatan anak Pramuka di Ladoma Kelurahan Wattang Bacukiki terjebak banjir.
Staf Basarnas Dadang mengatakan ada 95 orang anak sekolah yang sedang melakukan kegiatan pramuka terjebak banjir dan langsung dilakukan evakuasi sesaat setelah ada laporan dari warga.

”Kami bergerak cepat hingga selesai tidak ada kendala,” ujar Dadang.
Camat Ujung Parepare, Ardiansyah Arifuddin menjelaskan banjir di Kelurahan Lapadde merendam ditiga RW yakni Rw.10 Tegal, Rw.7 Abbanuang, dan Rw. 3 yang perbatasan dengan Kelurahan Bumi Harapan Kecamatan Bacukiki Barat.
Ditambahkan Ardiansyah, untuk pendataan akurat pada warga yang terdampak musibah banjir ini masih dilakukan pendataan dari tim instansi yang terkait untuk mendapatkan bantuan dari kerugian material akibat musibah banjir ini.
Sementara Dinas Sosial menyiapkan dapur umum bagi warga terdampak.
Pascabanjir para dermawan berdatangan dan memberikan bantuan berupa makanan, minuman, dan obat- obatan hingga Sabtu (19/11) lalu.
Lurah Lapadde Kecamatan Ujung Rahmat mengatakan pada Sabtu sore pihaknya menerima kedatangan dermawan dari Organisasi Wanita Katolik dan Pemuda Katolik Kanel Kaum Fidei. Mereka menyerahkan bantuan puluhan paket berupa makanan instan, minuman, dan obat obatan. Juga sebelumnya itu ada dari komunitas menyerahkan makanan untuk makan siang pada korban bencana banjir. (mup/C)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini