Connect with us

Metro

Jembatan Rusak Diterjang Banjir, Warga Moncongkomba A’bulosibatang Kumpul Uang

-

TAKALAR, BKM — Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi pada Jumat,  18 November 2022 menyebabkan jembatan beton di Desa Moncongkomba, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar mengalami kerusakan yang cukup parah. Selain itu, kerusakan yang cukup parah juga dialami ruas jalan sepajang puluhan meter yang menghubungkan dengan jembatan. Tanahnya terkikis oleh air.

Tokoh masyarakat Desa Moncongkomba, Abdul Haris Dg Kulle mengatakan, ada beberapa bagian jembatan yang mengalami kerusakan berat akibat banjir baru-baru ini.

Seperti pada dinding jembatan sebelah kanan dan kiri. Dinding beton sebagai tumpuan jembatan juga rusak parah. Bahkan tanahnya terkikis hingga kedalaman kurang lebih dua meter.

Abdul Haris yang juga Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Takalar, menjelaskan bahwa dinding jembatan ini berfungsi sebagai pengaman lalu lintas bagi kendaraan roda dua maupun roda empat serta pejalan kaki.

Tokoh masyarakat lainnya, Hj Hajrah Dg Kebo mengatakan, jembatan ini sebenarnya tidak hanya dilalui oleh warga Dusun Bontolebang Dua dan Dusung Bontolebang Satu. Tapi juga jalan alternatif yang dapat menghubungkan dengan sejumlah desa dan kelurahan yang ada Kecamatan Polongbangkeng Selatan.

Tokoh masyarakat Moncongkomba lainnya, AKBP Baharuddin Dg Rate yang juga anggota Polda Sulsel, mengatakan jika jembatan ini tidak segera diperbaiki dapat mengganggu aktivitas perekonomian masyarakat, khususnya yang bermukim di Desa Moncongkomba dan wilayah sekitarnya.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini