Connect with us

Metro

Dua Pengembang Serahkan PSU Senilai Rp24,4 M

-

MAKASSAR, BKM — Pemkot Makassar kembali menerima aset Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) Perumahan dari dua pengembang perumahan.
Kali ini, ada dua yang perumahan yang menyerahkan PSU yakni PT Tunas Baru Sulawesi dan PT Panelindo.
Rinciannya, Perumahan Griya Adipura seluas 2.635 m² dengan nilai aset tanah Rp7,3 miliar. Sementara perumahan Pesona Taman Dahlia 2 seluas 3.342 m² dengan nilai aset tanah Rp7,2 miliar.

Ketiga Perumahan Panaikang Residency seluas 1.011 m² dengan nilai aset tanah Rp1 miliar lebih.
Sementara PT Panelindo menyerahkan PSU perumahan Taman Arthalia seluas 4.398 dengan nilai aset tanah Rp8,8 miliar.
Penyerahan secara simbolis berlangsung di lt 2 Kantor Balai Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Rabu (23/11).
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Nirman Mungkasa menjelaskan total luasan PSU yang diserahkan 11.386 m² dengan nilai aset Rp24,4 miliar.
Dengan diserahkannya PSU dari dua pengembang tersebut, total nilai aset PSU sejak tahun 2019 sampai hari ini dengan jumlah 56 Objek perumahan adalah Rpp2 triliun lebih.

Sejak tahun 2017 Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Makassar diberikan tugas untuk menyelenggarakan penyelamatan aset PSU perumahan.
Upaya-upaya yang telah dilakukan antara lain melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi kepada para pengembang dan warga perumahan.
Juga melakukan koordinasi dengan Tim Korsupgah KPK RI, Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Kepala BPN Kota Makassar, hingga Ketua REI Sulsel.
“Kita juga melakukan monitoring dan evaluasi lapangan serta pemasangan spanduk pemberitahuan penyerahan PSU perumahan dalam wilayah Kota Makassar,” ujarnya.
Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Sosial Kota Makassar, Rusmayani Masjid mengatakan, dengan terbangunnya empat perumahan tersebut bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
Pemkot dalam upaya menjamin pemanfaatan PSU perumahan dapat dilaksanakan dengan percepatan penerapan sesuai fungsi Perda Kota Makassar.
Yakni perda Nomor 9 Tahun 2011 Tentang penyediaan dan Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas pada Kawasan Industri, Perdagangan, Perumahan dan Permukiman dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.
“Semoga dengan penyerahan PSU ini dapat menjadi contoh bagi perumahan lainnya yang ada di Kota Makassar,” harapnya. (rhm)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini