Connect with us

Sulselbar

Kapolres Imbau Warga Waspada Banjir

-

BELOPA, BKM — Kapolres Luwu AKBP Arisandi mengimbau masyarakat agar mewaspada terhadap luapan air yang naik secara tiba- tiba, terutama pada malam hari.
Pada akhir bulan November tahun 2022 diperkirakan sudah memasuki musim penghujan, dimana intensitas curah hujan akan lebih meningkat. Situasi ini rawan akan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Ada tiga imbauan Kapolres Luwu dengan tindakan waspada banjir yaitu sebelum terjadi banjir agar menyimak informasi cuaca dan peringaatan dini, menyiapkan siaga bencana ( berisi makanan dan minuman ringan, obat- obatan, surat- surat penting,
menyelamatkan barang barang berharga, memantau dan mewaspadai lingkungan tempat tinggal.

Mematikan aliran listrik dan gas, mengambil tas siaga bencana, pergi ke tempat yang lebih tinggi dan menginformasikan lokasi tempat berkumpul untuk evakuasi.
Ketiga saat harus mengungsi, meninggalkan lokasi tergenang air, menghindari dan mewaspadai arus air yang kuat dan genangan yang dalam, menjauhi tiang listrik atau sumber listrik, menunggi arahan pihak yang berwenang dan jangan kembali kerumah sebelum surut.
“Kita mungkin saja akan sulit terhindar dari bencana alam seperti banjir, tapi paling tidak kita bisa meminimalisir kerugian harta benda atau bahkan menghindari jatuhnya korban jiwa. Mengimbau masyarakat untuk siap siaga dan waspada terhadap bencana alam dengan mengetahui tindakan-tindakan mitigasi yang harus dilakukan.” ujar AKBP Arisandi. (rls)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini