Connect with us

Sulselbar

PLN UPDK Bakaru Tanam 1.600 Bibit Pohon Alpukat Unggul di Desa Balla

-

TANAM POHON -- Bupati Mamasa, H Ramlan Badawi (kanan) bersama pejabat PLN UPDK Bakaru, secara simbolis sedang menanam 1.600 bibit pohon alpukat unggul di Dusun Rantesapang, Desa Balla, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa.

MAMASA, BKM — PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Bakaru, memberikan dan menanam 1.600 bibit pohon alpukat unggul di beberapa titik lahan di Desa Balla, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa.
Pemberian bibit alpukat itu sendiri merupakan bentuk dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN serta memeringati Hari Menanam Pohon Indonesia yang tiap tahunnya jatuh pada 28 November.
Desa itu nantinya diharapkan menjadi sentra penghasil alpukat unggulan.
PT PLN UPDK Bakaru dalam hal ini diwakili Manager Bagian Engineering, Syamsur, menyampaikan, bantuan 1.600 bibit alpukat itu akan diberikan kepada kelompok tani, serta warga Desa Balla.
Terdapat total sebanyak 568 warga dan pegawai Pemerintah Kabupaten Mamasa yang akan menanamnya di lahan seluas 10 hektare tersebut.
”Hal ini merupakan wujud kepedulian PT PLN dalam melaksanakan sustainable development goals terutama pembangunan lingkungan, serta untuk mewujudkan Zero Net Emmisson tahun 2060,” terang Syamsur.
Syamsur berharap, untuk volume air di DAS Mamasa tetap stabil. Sehingga pembangkit listrik Bakaru tetap bisa beroperasi dengan normal. ”Maka dengan itu kami membutuhkan dukungan seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan sehingga penumpukan sedimen di waduk PLTA Bakaru dapat berkurang,” tambahnya.
Sementara itu, Bupati Mamasa, H Ramlan Badawi, menyampaikan, selain berterima kasih kepada PT PLN, adanya ribuan pohon alpukat itu nantinya juga sebagai konservasi lahan sebagai pencegahan tanah longsor. Sehingga mengurangi laju sedimentasi menuju waduk PLTA Bakaru.
Bibit pohon alpukat yang digunakan sendiri merupakan alpukat unggulan yang sudah bersertifikat. Yaitu varietas Kendil dan Myki.
”Alpukat jenis Kendil dan Myki ini merupakan alpukat unggulan yang bersertifikat. Tiga sampai empat tahun lagi sudah bisa dipanen. Harganya juga cukup bagus dan hasilnya melimpah. Hasilnya nanti dapat dirasakan warga di Desa Balla,” katanya.
Ramlan Badawi menambahkan, akan mengawasi dan kembali ke desa itu untuk memanen hasil alpukatnya.
Kepala Desa Balla, Obednego Yunus, mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT PLN terhadap kesejahteraan warga. Obed berharap, dukungan dan kerja sama tersebut dapat berlanjut di masa mendatang.
Selain Bupati Mamasa, H Ramlan Badawi, kegiatan penanaman bibit pohon alpukat ini juga turut diikuti Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda, bersama pejabat daerah setempat. (rls)

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini