Connect with us

Politik

Bawaslu Koordinasi dengan Dinsos Pemetaan Pemilih Disabilitas

-

IST KOORDINASI--Bawaslu Kabupaten Maros melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial terkait pemetaan data panti sosial, pondok pesantren dan pemilih disabilitas.

MAROS,BKM–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maros telah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Maros terkait pemetaan data panti sosial, pondok pesantren dan pemilih disabilitas di kabupaten Maros.

“Pendataan ini sangat penting untuk mengidentifikasi data pemilih disabilitas di kabupaten Maros dalam rangka pencegahan hilangnya hak pilih pemilih potensial dan penyandang disabilitas pada pemilu 2024,” ujar Anggota Bawaslu Maros, Muh. Gazali Hadis saat mengunjungi Dinas Sosial, di Jalan Jend. Sudirman No.1, Maros, Rabu (30/1).

Kegiatan ini, lanjut dia, dalam rangka pemetaan lokasi dan data pemilih rawan yang memerlukan TPS khusus pada hari pemungutan suara Pemilu 2024. Lantaran potensi hilangnya hak pilih pemilih warga panti sosial dan penyandang disabilitas cukup besar.
“Pada saat di TPS, KPU hanya menyediakan braille (alat bantu tuna netra). jangan sampai kebutuhan disabilitas selain tuna netra tidak terpenuhi. Kami memastikan hak pilih dan aksesibilitas penyandang disabilitas di Maros. Dimulai dari pemetaan dan pendataan administrasi pemilih potensial dan penyandang disabilitas,” lanjut Koordinator divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Bawaslu Maros ini. 
Sementara itu, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Maros, Abdul Gaffar mengapresiasi Bawaslu Maros yang aktif melakukan koordinasi pemetaan pemilih. 
“Kami mengapresiasi Bawaslu Maros, sangat bagus sekali. Kita bisa berkolaborasi tekati penyandang disabilitas. Kami dapat membantu dengan data akan kami siapkan, terkait lokasi, jumlah, dan data lainnya panti sosial dan penyandang disabilitas,” tutup Abdul Gaffar.(ari/rif/c)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini