Connect with us

Politik

Calon PPK Akan Ditanya Soal Parpol

-

MAKASSAR, BKM–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Makassar bakal melakukan tracking calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setelah dilakukan ujian berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT).
Hal Ini dilakukan Bawaslu agar para calon anggota PPK yang lolos menjadi penyelenggara pemilu bukan bagian dari partai politik (Parpol) atau simpatisan kandidat kepala daerah.

Komisioner Bawaslu Kota Makassar, Sri Wahyuningsih mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan aduan atau informasi dari masyarakat jika ada pendaftar PPK yang merupakan bagian dari partai politik.
“Kami menunggu dulu hasil ujian CAT baru kami melakukan tracking orang-orang yang diduga bagian dari itu (kader parpol),” kata Sri Wahyuningsih, Senin (5/11).
Dirinya menyebutkan tanggapan masyarakat biasanya masuk langsung ke KPU. Jika ada tanggapan yang masuk di Bawaslu pihaknya akan menemukan dan pihak KPU melakukan klasifikasi terhadap calon PPK tersebut.

“Kalau ada yang ingin memberikan informasi ke kami (Bawaslu), nanti kami yang ingatkan ke KPU,” ujarnya.
Usai melakukan CAT dan hanya 10 orang saja nama diumumkan untuk mengikuti tes berikutnya yakni wawancara.
Saat wawancara setiap calon baru akan dimintai klarifikasi apakah mereka bagian dari Parpol atau bukan, karena setiap Kecamatan hanya ada 5 PPK.
“Kan baru CAT dan beberapa hari kemudian baru diumumkan, dan hasil pengumuman itu kami melihat, untuk memastikan tidak ada dari mereka bagian dari itu (kader atau simpatisan Parpol),”pungkasnya. (rif)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini