Connect with us

Gojentakmapan

Beri Kadus Laptop, Hadirkan Media Trasparansi Keuangan

Basir, Kades Pakkatto yang Desanya Jadi Percontohan Antikorupsi Tingkat Nasional

-

MAKASSAR, BKM–TANGGAL 9 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia). Terkait hal itu, siniar BKM mendatangkan tamu khusus. Dia adalah Basir, Kepala Desa Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa. Apasebenarnya prestasi yang telah diukir oleh Basir sehingga diundang?

DI TAHUN 2022 Desa Pakkatto ditetapkan sebagai percontohan desa antikorupsi tingkat nasional. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama kementerian terkait yang menggagas program tersebut.
Sebelumnya, desa yang dipimpin Basir ditetapkan sebagai desa antikorupsi tingkat Sulsel. Selanjutnya mewakili Sulsel pada penilaian tingkat nasional.

Kepemimpinan Basir di Desa Pakkatto saat ini memasuki tahun kedua pada periode kedua. Ia pun tak pernah menyangka kalau desanya bisa berbicara pada level nasional.

”Desa kami bukanlah yang bagus ataupun luar bisa. Desa kami setara dengan desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Gowa dan mungkin di Sulawesi Selatan. Tapi mungkin ada hal lain yang kami lakukan selaku pemerintah, di mana dukungan masyarakat itu sungguh luar biasa terhadap apa yang kami lakukan di desa. Sehingga menjadi sebuah penilaian buat KPK ataupun mungkin penilaian dari bupati, kepala PMD sehingga mengusulkan desa kami bersama dengan tiga desa yang ada di Kabupaten Gowa untuk dinilai oleh KPK,” terang Basri.

Hal itu terjadi pada bulan Februari 2022. Basri bahkan mengetahui kalau desanya diusulkan untuk mengikuti penilaian menjadi desa antikorupsi, setelah melihat beritanya di media. ”Alhamdulillah, kami juga menjadi desa yang pertama dinilai,” jelasnya.

Laman: 1 2 3 4

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini