Connect with us

Bisnis

Telkom Hasilkan Lebih 150 Potensi Sinergi Antar BUMN dan Startup

Melalui MDI Ventures dan TMI

-

FOTO BERSAMA -- Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata (ketujuh dari kiri), Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya (ketujuh dari kanan), CEO MDI Ventures Donald Wihardja (keenam dari kiri), CEO Telkomsel Mitra Inovasi Mia Melinda (tengah) berfoto bersama dengan para pemilik Stratup usai agenda penandatanganan perjanjian kerjasama.

MAKASSAR, BKM — Rangkaian even tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) besutan MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah sukses digelar di Bali pada pekan lalu.
Mengundang Startup digital dan BUMN untuk saling menjajaki potensi kolaborasi dan sinergi dalam sektor strategis, MDI Ventures dan TMI memfasilitasi total 193 pertemuan bisnis antara 28 perusahaan BUMN dan 32 Startup di dalam portfolionya, seperti Qoala, Privy, Alodokter, Paxel, dan SiCepat.

Penyelenggaraan Nex-BE Fest 2022 kembali memecahkan rekor dengan memfasilitasi nilai sinergi antara startup dan BUMN hingga mencapai Rp2,4 triliun. Sejak penyelenggaraan pertama di tahun 2019, inisiatif ini telah menghasilkan nilai sinergi sebesar lebih dari Rp7,4 triliun dari 498 ‘perjodohan’ bisnis. Jumlah partisipan Nex-BE Fest tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 3,2x lipat, pertemuan bisnis meningkat 5,4x lipat, dan nilai sinergi yang dihasilkan juga meningkat 2,7x lipat dari awal penyelenggaraannya.
Startup-startup digital yang telah memperoleh pendanaan dari MDI Ventures dan TMI dipertemukan dengan berbagai anak perusahaan TelkomGroup dan perusahaan BUMN lainnya untuk menggali potensi sinergi baru. Ajang one-on-one ini dihadiri pula oleh BUMN ternama, mulai dari Perhutani, ID Food, Pupuk Indonesia, Bank Syariah Indonesia, BioFarma, Kimia Farma, POS Indonesia, dan Perkebunan Nusantara.

Agenda pada hari pertama acara Nex-BE Fest 2022 dibuka dengan sambutan Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, Komisaris Telkom, Rizal Mallarangeng, dan Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya.
Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)/Perjanjian kerja sama dan diskusi panel. Terbagi menjadi dua sesi, diskusi panel pada sesi pertama Nex-BE Fest 2022 mengusung tema ‘Driving Digital Transformation in SOE’ sementara sesi kedua mengangkat tema ‘Seizing The Opportunity for Digital Leap’.
Sebagai inti dari acara, panel diskusi kemudian dilanjutkan dengan agenda Business Matchmaking yang mana pada sesi ini para Startup diberikan kesempatan untuk menunjukkan solusi digital yang inovatif kepada BUMN.

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini