Connect with us

Sulselbar

Dinas Peternakan Gelar Workshop Perikanan

-

WORKSHOP -- Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan menggelar workshop perikanan budidaya bagi pelaku usaha dan calon penerima bantuan Koter di Balai Benih Ikan (BBI) Ompo, Rabu (7/12).

SOPPENG, BKM — Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan menggelar workshop perikanan budidaya bagi pelaku usaha dan calon penerima bantuan Koter (Kolam Terpal) di Balai Benih Ikan (BBI) Ompo, Rabu (7/12).

Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Erman Asnawi mengatakan pelaksanaan workshop dalam rangka pembelajaran teknis bagi 120 calon penerima bantuan kolam terpal (koter) yang berasal dari anggaran APBD. Pada tahun 2022, sebagai salah satu upaya antisipasi melonjaknya inflasi dan pemulihan ekonomi.
Erwin menjelaskan Koter belakangan ini menjadi usaha primadona, terbukti sudah tercatat sekitar 500 saan unit saat ini yang tersebar di Kabupaten Soppeng sesuai konfirmasi di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, merupakan kabupaten terbanyak Koternya.

Karena itu Pemkab pada tahun depan bersama 58 kab/kota akan mendapatkan alokasi anggaran pusat berupa kampung nelayan budidaya perkotaan. ”Hasil tangkapan nelayan di Danau Tempe beberapa tahun terakhir menurun drastis akibat elefasi air yang relatif tinggi dengan adanya bendung gerak di Wajo akhirnya dapat tertutupi produksi ikan air tawar melalui produksi ikan nila dari Koter yang rata-rata mencapai 100 kg per Koter,” ujar Erman
Dalam usaha kolam terpal ini kami mengajak teman-teman agar orientasinya jelas. Ada tiga orientasi yaitu karena hobi, konsumsi dan bisnis. Apabila berorientasi hobi persoalan ongkos tentu tidak akan menjadi persoalan , kalau orientasi konsumsi memberi makan seadanya saja, dan apabila orientasi bisnis artinya harus terperinci pengeluaran dan pemasukan untuk perhitungan bisnis.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini