Connect with us

Sulselbar

Murid SD -Siswa SMP Lomba Puisi Antikorupsi

-

LOMBA -- Para siswa dan guru foto bersama usai mengikuti lomba puisi memperingati Hakordia tahun 2022 di Baruga Kompleks SKPD Sidrap, Rabu (7/12).

SIDRAP, BKM — Inspektorat Kabupaten Sidrap bekerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar lomba baca puisi antikorupsi untuk memperingati Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) tahun 2022 di Baruga Kompleks SKPD Sidrap, Rabu (7/12). Lomba diikuti siswa-siswi tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Sidrap.
Hadir dalam acara tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Nurkanaah yang mewakili Bupati Sidrap, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Sidrap, Jubir Pariwusi dan Auditor Muda Inspektorat Sidrap, Amannang Saily Endeng.
Nurkanaah mengatakan, Hakordia sebagai bentuk Implementasi Pendidikan Anti Korupsi (IPAK) pada jenjang taman kanak-kanak , sekolah dasar dan sekolah menengah pertama se-Kabupaten Sidrap.

“Lomba ini sebagai bentuk apresiasi dan ajang pengenalan Implementasi pendidikan anti korupsi kepada anak didik sejak dini,” ungkapnya pada acara yang turut dihadiri sejumlah kepala sekolah dan guru pendamping siswa.
Dalam rangka Implementasi Pendidikan Anti Korupsi di sekolah, lanjut Nurkanaah, pihak sekolah harus mempedomani nilai-nilai perilaku antikorupsi yang telah dibuat KPK beserta dengan Ikrar antikorupsi-nya.

“Kalau melihat secara cermat sebenarnya nilai-nilai dan perilaku ini sudah teramalkan dalam kehidupan anak didik kita sehari-hari,” katanya.
Nurkanaah juga memaparkan, IPAK dapat dibuat dalam bentuk pengajaran di kelas lewat mata pelajaran ataupun muatan lokal. IKRAR dan nilai-nilai perilaku baiknya dibuat masing-masing sekolah dan dipajang di tempat strategis agar mudah dilihat dan mudah dicerna oleh anak didik.
Ia tidak lupa mengapresiasi lomba puisi tersebut yang akan menanamkan semangat dan perilaku antikorupsi sejak dini. “Sikap antikorupsi dituangkan dalam bentuk puisi sehingga ke depan bisa terpatri dalam otak mereka dan bisa menjadi generasi emas di masa mendatang,” harapnya.
“Selamat berlomba dan selamat memperingati Hakordia tahun 2022 . Semoga dengan moto ‘Dari Sekolah menuju Sidrap Berintegritas’ kita mampu menegakkan komitmen bersama untuk menegakkan sikap antikorupsi,” tandasnya. (ady/C)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini