pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken
pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken

Belasan Perempuan Layak Maju di Pilkada

MAKASSAR, BKM–Sejumlah politisi perempuan disebut tetap memiliki peluang untuk berkompetisi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) seperti pada pemilihan wali kota (Pilwali) maupun pemilihan bupati (Pilbup) 27 November 2024 mendatang.

Para politisi perempuan itu dari berbagai latar belakang partai politik seperti politisi Partai Nasdem Hj Fatmawati Rusdi dan Indira Yusuf Ismail dari Kota Makassar, serta politisi Partai Nasdem Hj Tenri Olle Yasin Limpo dan politisi PAN Husniah Talenrang dari Kabupaten Gowa.
Meski demikian, Fatmawati Rusdi yang kini tercatat sebagai Wakil Wali Kota Makassar mengaku belum memikirkan apakah nanti akan maju sebagai calon wali kota atau tidak.

Juga ada politisi PPP Andi Sugiarti Mangunkarim dan Liestiaty Nurdin Abdullah dari Golkar Bantaeng, Murniati Makking dari Partai Demokrat Bulukumba. Murniati Makking sudah pernah maju sebagai calon wakil bupati Bulukumba, sedangkan Sugiarti Mangunkarim sudah dua kali bertarung sebagai calon bupati Bantaeng.
Di kabupaten Sinjai ada Ketua DPD II Partai Golkar Andi Kartini Ottong. Andi Kartini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Sinjai.

Dari Kabupaten Soppeng ada nama politisi PPP yakni Andi Nurhidayati Zainuddin serta politisi Nasdem Desy Susanti Sutomo.
Selain itu ada dua politisi Golkar di Kabupaten Maros yakni Suhartina Bohari dan Wahyuni Malik. Suhartina kini tercatat sebagai Wakil Bupati. Di Kabupaten Pangkep juga ada politisi Golkar Rismayani dan politisi Gerindra Andi Nirawati. Rismayani pernah bertarung sebagai calon wakil bupati, sedangkan Andi Nirawati bertarung sebagai calon bupati
Tak hanya itu ada politisi Nasdem Barru Hasnah Syam serta Ketua Golkar Parepare Erna Rasyid Taufan Pawe.

Hasnah Syam kini tercatat sebagai Anggota Fraksi Nasdem DPR RI.
Dari wilayah utara ada politisi Gerindra Felicitas Tallulembang atau Firmina Tallulembang dan politisi Nadem Eva Stevani Rataba dari Toraja. Eva juga kini tercatat sebagai Anggota Fraksi Nasdem DPR RI. Satu lagi politisi Nasdem dari wilayah Luwu Raya yakni Putri Dakka.
Pada Pilbup serta Pilwali lalu, ada satu perempuan jadi bupati yakni Indah Putri Indriani di Luwu Utara (Lutra) serta lima yang jadi wakil diantaranya Fatmawati Rusdi di Kota Makassar, Kartini Ottong di Kabupaten Sinjai, Nursyamsina Aroepala di Selayar, Adelheid Sosang di Tana Toraja dan Indah Putri di Lutra mendampingi Arifin Junaedi.
Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe (TP) bahkan tak henti memberikan dorongan pada kader beringin untuk maju di Pilwali dan Pilbup. “Makanya saya perintahkan seluruh kader Golkar wajib bergerak dengan pola dan sistim media penggalangan opini (MPO) “ujat TP ketika memberikan materi pada lokakarya MPO di Kabupaten Barru Minggu (15/1). (rif)


Share


Komentar Anda