Connect with us

Metro

Sebanyak 72 Perusahaan Tertarik Garap Balai Kota

-

int Kantor Balai Kota Makassar.

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar kembali akan mengeksekusi proyek rehabilitasi kantor Balai Kota Makassar setelah tahun 2022 lalu gagal dilaksanakan.

Proyek yang akan mengembalikan fungsi herritage terhadap bangun bersejarah tersebut rencananya akan dilaksanakan tahun ini.
Untuk itu, Pemerintah Kota Makassar telah melakukan lelang dini proyek tersebut yang sudah tayang sejak 29 Desember 2022 lalu.

Kepala Bidang Bangunan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Makassar Hajar Aswad mengatakan, proses lelang sudah bisa masuk tahapan finalisasi pada awal Februari mendatang. Sehingga kemungkinan pengerjaanya sudah bisa dilaksanakan pada bulan tersebut.

Saat ini, mekanisme atau tahapan tender sudah masuk pada evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga yang dimulai 10-23 Januari lalu.
Tercatat sebanyak 72 peserta yang ikut lelang dari berbagai perusahaan, baik dalam daerah maupun di luar. Bahkan tercatat salah satu perserta adalah BUMN.
Pagu anggaran yang diajukan untuk proyek ini mencapai Rp19,9 milliar, sedangkan Harga Perkiraan Sementara (HPS) mencapai Rp18 milliar, dan harga penawaran sejauh ini mencapai Rp15 milliar.
Konsep rehabilitasi balaikota ini akan fokus pada fungsi awal balai kota sebagai bangunan sejarah dan budaya.
“Jadi nanti untuk lantai satu dan dua Kantor Balai Kota Makassar bakal dikembalikan fungsinya sebagai bangunan bersejarah,” imbuh Hajar.
Untuk ruang kerja Wali Kota Makassar yang diketahui selama ini berada di lantai dua, di sisi timur laut gedung akan dipindahkan masuk lantai dua dalam tower balai kota.
Untuk ruang kerja Wakil Wali Kota yang sebelumnya berada di lantai 11 tower balai kota akan dipindahkan ke lantai empat dan Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar juga bakal dipindahkan ke lantai 2 berdekatan dengan kantor wali kota.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini