Connect with us

Politik

Mantan Anggota DPR RI Kembali Daftar Bacaleg Senayan

-

MAKASSAR, BKM–Pemilihan anggota legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 akan diisi oleh sedikitnya 30 persen kaum perempuan dalam daftar bakal calon anggota legislatif (Baceleg), baik untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi maupun DPRD kabupaten kota.
Pada pemilu legislatif (Pileg) 2014 lalu, lima perempuan lolos kesenayan dari tiga daerah pemilihan (Dapil).
Satu perempuan berasal dari Dapil Sulsel I meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa , Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Kepulauan Selayar yakni Aliyah Mustika Ilham dari Demokrat .

Dua perempuan berasal dari Dapil Sulsel II yang meliputi Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Parepare, Barru, Pangkep dan Maros yakni Hasnah Syam dari Nasdem serta Andi Yuliani Paris dari PAN.
Serta dua perempuan juga berasal dari Dapil Sulsel III yang meliputi Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara dan Kota Palopo yakni Sarce Bandaso Tandiasik dari PDIP serta Eva Stevany Rataba dari Nasdem .
Selain itu, tiga perempuan yang pernah tercatat sebagai Anggota DPR RI tidak berhasil masuk senayan yakni Mestariani Habie dari Gerindra , Andi Fauziyah Pujiwatie Hatta dari Golkar serta Felicitas Tallulembang juga dari Gerindra .

Pada Pileg 2024, dari Dapil Sulsel I, selain Aliyah Mustika Ilham, sejumlah perempuan tetap diunggulkan masuk senayan diantaranya Liestiaty F Nurdin Abdullah dari Golkar, Tenri Olle YL dari Nasdem, Miesriani Habie dari Gerindra, Sri Rahmi dari PKS dan Rismayanti dari PPP.
Dari Dapil Sulsel II selain Hasnah Syam dan Andi Yuliani Paris juga ada nama Andi Shanty Listiawati Mattalatta, dan Erna Rasyid dari Golkar, serta Andi Mariattang dan Andi Nurhidayati dari PPP.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini