×
Connect with us

Sulselbar

Pemkab-Koperasi Teken MoU Bersama

-

KERJASAMA -- Bupati Luwu Timur H Budiman foto beresama usai menandatangani MoU disela-sela HPSN Tahun 2023 baru-baru ini.

MALILI, BKM — Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 diperingati dengan Tema HPSN 2023 adalah “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”.
HPSN mengingatkan semua pihak bahwa, persoalan sampah harus menjadi perhatian utama dan keterlibatan semua komponen masyarakat dalam penanganan dan pengelolaannya.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman ingin masyarakat dan dunia usaha menjadikan momentun peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 untuk lebih peduli dan menjaga kelestarian lingkungan serta membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya.
Budiman menyampaikan ajakan itu saat menghadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 yang diselenggarakan metamorfosa dan forum anak Sorowako dan didukung oleh Pemkab Luwu Timur dan PT. Vale Indonesia di TPS Morino Sumasang 2 Sorowako, Kecamatan Nuha baru-baru ini.
Peringatan (HPSN) ditandai dengan penandatanganan MoU stop kantong plastik antara Pemkab Lutim dengan Indomaret, Alfamidi cabang Sorowako dan Koperasi IKVI Vale, penandatanganan nota kerjasama BPJS tenaga kerja, pekerja rentan Pemdes dan SPBVI, Penyerahan bantuan untuk pejuang sampah, Penyerahan rekening program anak asuh berupa tabungan pendidikan yang merupakan kerjasama dari ikatan kontraktor nasional PT. Vale Indonesia dengan Bank Mandiri cabang Sorowako dan Pemerintah Kecamatan Nuha.

Bupati Luwu Timur, H Budiman juga menjelaskan kepedulian terhadap sampah memang perlu ditingkatkan. Kepada seluruh masyarakat diharapkan berperan aktif dalam mengurangi sampah terutama sampah plastik.
Dalam upaya penanganan sampah di Kabupaten Luwu Timur, Bupati juga terus mendorong kepada semua perangkat daerah, Camat, Kades/Lurah bersama jajarannya, Kepala Sekolah, pegiat lingkungan, Pengelola Bank Sampah serta masyarakat yang selama ini telah berpartisipasi aktif mendukung upaya menuju zero emisi.

Budiman mengapresiasi kegiatan ini. sangat menginspirasi serta mendukung program Pemerintah Daerah Luwu Timur “Peduli’Ki, Saya Jaga’Ki”, program baru yang menjadi salah satu program yang diharapkan bisa menjaga lingkungan sekitar.
“Ini kita mau peduli terhadap lingkungan kita, saya juga berharap kebijakan-kebijakan pemerintah daerah saat ini, semoga dapat menjadi jangkar sosial. Kepedulian kita perlu ditingkatkan, paling tidak, kalau tidak bisa membersihkan, janganlah mengotori. Jadi mari kita saling membantu dalam mensukseskan seluruh program,” ujar Budiman.
“Kiranya moment ini bisa kita jadikan sebagai pemantik semangat agar kita semakin peduli dengan pengelolaan sampah secara masiv,” tandasnya. (rls)

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini