×
Connect with us

Sulselbar

Bank Sampah Delima Magani Nuha

-

KAJI TIRU -- Bank Sampah Delima Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha melakukan kaji tiru di Provinsi Bali dipimpin Camat Nuha, Haryiadi Hamid, bersama Lurah Magani, Rany Syam

MALILI, BKM — Guna menggali potensi mengenai strategi penerapan dalam pengelolaan sampah di tingkat masyarakat, maka Bank Sampah Delima Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha, melakukan kaji tiru di Provinsi Bali.
Rombongan kaji tiru Luwu Timur dipimpin oleh Camat Nuha, Haryiadi Hamid, bersama Lurah Magani, Rany Syam, Direktur dan Pengurus Bank Sampah Delima, serta perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Lutim.

Bank Sampah yang menjadi tujuan Kabupaten Luwu Timur ialah Bank Sampah Induk Bali Wastu Lestari Denpasar dan Bank Sampah Unit, karena merupakan bank sampah pertama dan terbaik di Bali.
Kedatangan rombongan kaji tiru Lutim disambut langsung oleh Direktur Bank Sampah Induk Bali Wastu Lestari, Ni Wayan Riawati sekaligus Sekjen Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi).

Camat Nuha, Hariyadi Hamid, yang dikonfirmasi Kamis (18/05/2023) menjelaskan, dalam kaji tiru di Bali ini, ada 3 bank sampah yang telah dikunjungi, yakni Bank Sampah Induk (BSI) Bali Wastu Lestari, Bank Sampah Sarana Gathi, dan Bank Sampah Bali Bersih.
Hariyadi merincikan, kunjungan pertama adalah Bank sampah Induk Bali Wastu Lestari dimana langsung disambut oleh Ni Wayan Riawati selaku Direktur Bank Sampah. “Bank sampah ini adalah Mandiri dengan membawahi bank sampah lainnnya yang ada di lingkungan RT/RW,” tambahnya.
Kunjungan kedua adalah Bank sampah Sarana Gathi. Bank sampah ini dikelola oleh Ibu Erika bersama 4 orang anggota keluarga lainnya yaitu ayah, ibu, suami dan anak.

“Bank sampah ini terbentuk karena inisiasi dari Bank Sampah Induk Bali Wastu Lestari. Beroperasi secara mandiri dan menggunakan pick up untuk menjemput sampah-sampah yang ada di bank sampah unit di lingkungan terdekat maupun di sekolah-sekolah,” imbuhnya.
Camat Nuha, ialah Bank Sampah Bali Bersih yang dikelola oleh Arianto sebagai pemilik yang terbentuk juga karena inisiasi dan BSI Bali Wastu Lestari. Beroperasi secara mandiri dan memiliki tiga unit pick up untuk penjemputan sampah di bank sampah unit. (rls)

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini