pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken
pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken

MBA Raih 120 Penghargaan

ENREKANG, BKM — Bupati Enrekang H Muslimin Bando berhasil meraih 120 penghargaan selama memimpin Enrekang dua periode. Salah satunya adalah penghargaan tertinggi di bidang Lingkungan Hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. MB dilantik pada 17 Oktober 2013 dengan jargon Gerakan Membangun Enrekang Maju, Aman dan Sejahtera (EMAS). Guna mensukseskan program Gerbang Emas, MM menyusun dua skenario besar seperti meningkatkan sumber daya manusia (SDM) seluruh masyarakat dan pegawai pemerintah di Pemkab Enrekang.

Memberikan izin belajar bagi para pegawai dengan gelar magister bahkan ada beberapa diantaranya yang meraih gelar doktor. Pertumbuhan ekonomi menempati urutan ke dua dari 24 kabupaten di Sulsel dengan capaian 73,39. Angka ini menempatkan Enrekang sebagai kabupaten paling sejahtera kedua di Sulsel dan kelima secara keseluruhan kabupaten/kota.
Dengan capaian ini laju IPM Kabupaten Enrekang meningkat setiap tahunnya. Mulai 2019 berjumlah 72,66 persen, 2020 72,76 persen dan 2021 mencapai 72,91 persen, hingga data terbaru 2022 ini mencapai 73,39 persen. Hal ini berdasarkan data IPM tahun 2022 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) belum lama ini.
Begitu pula dengan tingkat pengangguran mengalami penurunan signifikan sesuai data BPS tahun 2023, pengangguran di Enrekang tersisa 0.58 persen. Ini sekaligus menempatkan Kabupaten Enrekang sebagai daerah dengan tingkat pengangguran terendah se-Sulsel dengan data BPS menunjukan, sektor pertanian dan perkebunan menyerap tenaga kerja terbesar yaitu sebesar 36,74 persen. Prestasi Pemkab Enrekang dibawah kepemimpinan Muslimin Bando berkontribusi besar pada turut menurunnya jumlah pengangguran di Sulsel yang berada di angka 4,51 persen.
Di periode kedua MB-Asman (MBA) meraih 65 penghargaan sejak dilantik 31 Oktober 2018 catatan ini lebih banyak dibanding periode pertamanya bersam Amiruddin.

Salah satunya meraih penghargaan dari pemerintah RI kepada tas keberhasilannya menyusun dan menyajiakan laporan keuangan dengan Opini WTP empat kali berturut-turut dari BPK RI Perwakilan Sulsel.
Ratusan penghargaan yang diraih selama dua kali periode menjabat menjadi bukti bahwa Enrekang telah mengalami banyak perubahan ke arah yang lebih baik diberbagai bidang. “Penghargaan ini menjadi bukti bahwa pemerintah pusat mengakui apa yang dilakukan Pemkab selama ini sudah benar,”ujar MB.

Sementara pembangunan di bidang infrastruktur, Bupati fokus pada pembangunan jalan lingkar timur.Mulai dari Kecamatan Maiwa dekat perbatasan Kabupaten Sidrap hingga Kecamatan Baraka.
Bidang pendidikan juga menunjukkan peningkatan prestasi. Kinerja para guru dan pengawas sekolah pada ujian kompotensi yang dilakukan Kementerian Pendidikan, Enrekang keluar sebagai juara tiga se-Sulsel. Hal paling menggembirakan, sebanyak 11 sekolah di Enrekang menerima penghargaan Adiwiyata dari Menteri Lingkungan Hidup. Mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.
“Sejak dilantik pada bulan Oktober 2013, visi misi saya yang utama adalah memberi peluang sebesar-besarnya bagi pegawai untuk melanjutkan pendidikannya. Caranya dengan mengubah hari kerja dari 6 hari menjadi 5 hari.Sabtu dan Minggu libur. Itu kesempatan bagi pegawai untuk menuntut ilmu,”jelasnya.
Merespon sorotan di bidang kesehatan MB mendatangkan empat dokter ahli dari Unhas. dengan gaji fantastis Rp25 juta per bulan. Bidang pertanian menunjukkan peningkatannya. Setiap tahun, produksi petani bawang merah mencapai 6.000 ton.
“Petani bawang kita dalam per hektarenya menghasilkan 10 ton sedangkan luas lahan pertanian bawang merah kita 6.000-7.000 hektare, ” tandas Muslimin. (her/C)


Share


Komentar Anda