pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken
pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken

13 LP di Tiga Provinsi, Residivis Ditembak di Bulukumba

MAKASSAR, BKM — Tiga orang polisi berpakaian serba hitam, dua di antaranya memakai topi rimba, tampak memapah seorang pria. Lelaki itu sesekali meringis kesakitan. Betis sebelah kirinya berbalut perban warna putih.
Pria berinisial IW alias Colleng (43) itu dibawa masuk ke dalam Aula Mappaoddang Mapolrestabes Makassar, Sabtu sore (4/11). Polisi yang mengangkatnya merupakan personel dari tim Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras).
Ketika hendak didudukkan di kursi yang telah disediakan, tetiba Colleng berteriak kesakitan. Mengenakan baju oranye, Colleng tak mampu menggerakkan kaki kirinya yang terluka. Ia dihadirkan untuk rilis kasus tindak kriminal yang dilakukannya di dua provinsi, yaitu Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhammad Ngajib, mengatakan bahwa IW alias Colleng merupakan seorang residivis pencurian di rumah kosong. Ia baru saja keluar dari dalam Rutan di Sulteng pada 24 Oktober 2023. Dinginnya bilik tahanan ternyata tak membuatnya kapok. Ia kembali ke Makassar dan melakukan aksi pencurian dengan pemberatan (Curat) pada 28 Oktober 2023.
Personel Polrestabes Makassar mengembangkan kasus ini dengan memburu pelaku. Colleng diketahui berada di Kabupaten Bulukumba. Polisi yang hendak meringkusnya harus mengambil tindakan tegas dengan melumpuhkan IW. Ia dihadiahi timah panas pada betis kirinya.
”Tersangka melakukan pencurian dengan pemberatan di salah satu rumah yang ditinggal penghuninya di Makassar. Ia membawa kabur uang tunai sebesar Rp50 juta,” ungkap Kapolrestabes didampingi Kasat Reskrim AKBP Ridwan JM Hutagaol dan Kasi Humas AKP Wahiduddin.
Dari hasil penyelidikan dan penyidikan, diketahui bahwa Colleng mempunyai 13 laporan polisi (LP) dalam aksinya di tiga provinsi. Masing-masing di Kota Makassar, Sulawesi Selatan tiga LP, delapan LP di Kalsel, dan dua LP di Sulteng.

Ketika melakukan aksi Curat, pelaku menyekap korban lalu menjarah barang berharga miliknya. Dari tangan Colleng, polisi menyita barang bukti uang tunai senilai Rp20 juta, dua buah gawai, serta satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih dengan nomor polisi DD 4133 RK. Kendaraan roda dua tersebut digunakan pelaku saat melakukan aksinya.
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Ridwan JM Hutagaol menambahkan, pelaku dikejar dan berhasil diamankan tim Jatanras Polrestabes Makassar setelah ada laporan dari salah seorang warga di Makaassar. Dalam laporannya disebutkan rumahnya yang ditinggalkan dalam keadaan kosong dimasuki maling. Pencuri berhasil menggasak uang tunai Rp50 juta.
Dari penyelidikan yang dilakukan polisi, usai melakukan aksinya pelaku diketahui melarikan diri ke Bulukumba. Tim Jatanras Polrestabes Makassar bekerja sama personel Polres Bulukumba melakukan pengejaran dan berhasil menangkapnya.
”Ketika hendak diamankan, pelaku mencoba melawan petugas dan berusaha melarikan diri. Anggota mengambil tindakan tegas dengan melumpuhkannya pada bagian kaki sebelah kiri, lalu dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis,” terang AKBP Ridwan.
Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 5 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. (jul)


Share


Komentar Anda