pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken
pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken
IST SALAM KOMANDO-Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Aji Mimbarno salam komando dengan Direktur Polimarim AMI Makassar Dr Amrin Pettarani usai pembukaan Diklat Bela Negara di Markas Rindam Pakkatto, Senin (6/11).

328 Taruna Baru Polimarim AMI Digembleng di Rindam XIV/Hasanuddin

MAKASSAR, BKM — Sebanyak 328 taruna taruni baru Politeknik Maritim (Polimarim) AMI Makassar saat ini tengah berada di markas Resimen Induk Kodam (Rindam) XIV/Hasanuddin, jalan poros Malino, Pakkatto, Kabupaten Gowa. Mereka mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Bela Negara Tahun Akademik 2023-2024. Selama lima hari para taruna taruni digembleng pada kegiatan wajib tersebut.
Pembukaan Diklat Belneg dilaksanakan, Senin (6/11) dan akan berlangsung hingga Jumat (10/11).
Sebelum berangkat ke lokasi Diklat Belneg, taruna taruni telah mengikuti pembekalan selama dua hari, Jumat-Sabtu (3-4/11).
Upacara pembukaan Diklat Bela Negara Polimarim AMI dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Komandan (Dan) Rindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Aji Mimbarno,S.I.P.

Dalam amanatnya, Aji Mimbarno mengatakan, rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan yang ada dalam diri taruna taruni harus terus dipupuk.

“Selamat datang taruna-taruni Polimarim AMI di Markas Rindam XIV Hasanuddin. Selama lima hari ke depan kalian akan mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) Bela Negara. Kalian akan didampingi pelatih-pelatih dari Rindam,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Aji Mimbarno mengucapkan terima kasih kepada direktur Polimarim AMI dan jajarannya yang telah mempercayakan pendidikan Bela Negara ke Rindam XIV Hasanuddin.

“Sebanyak 328 orang peserta Diklat Bela Negara ini akan kami didik dan gembleng. Diklat semacam ini penting dilakukan guna menjadikan taruna-taruni, terampil, disiplin, dan berwawasan kebangsaan. Kepada pelatih, juga wajib mengedepankan keamanan dan keselamatan,” tegasnya.

Menurutnya, sangat penting untuk menumbuhkan semangat bela negara. Pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan sikap kebangsaan dalam aspek kehidupan serta keseharian. Taruna dilatih pola pikir, pola sikap, pola tindak sesuai semangat kebangsaan.

Sementara itu, Direktur Polimarim AMI Dr Amrin Pettarani selepas upacara diberi kesempatan memberikan arahan kepada taruna-taruni.

“Diklat Bela Negara adalah salah satu pelatihan yang penting bagi kalian. Untuk itu, ikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan serius agar. Anak-anakku semua harus semangat belajar dan berlatih di tempat ini,” ujarnya.

Amrin memberi motivasi kepada para taruna, bahwa Diklat Bela Negara memiliki banyak manfaat. Terutama bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

”Melalui Diklat ini, kita harapkan para taruna taruni bisa mengetahui jatidiri masing-masing. Jangan cengeng selama mengikuti pendidikan. Kegiatan ini melatih mental, disiplin, dan jiwa kebersamaan,” kata Amrin.

Kegiatan Diksar Bela Negara ini merupakan aktivitas rutin dan dilaksanakan setiap tahun, dan diperuntukkan bagi taruna taruni baru Polimarim AMI Makassar. Kegiatan secara reguler mulai dilaksanakan dari tahun 2006.

Ada beberapa alasan yang mendasari pelaksanaan Diklat Bela Negara ini. Mulai dari munculnya aksi teror di laut hingga kasus narkoba di tengah laut.

”Pendidikan ini bertujuan agar taruna taruni sedini mungkin diberikan dasar-dasar untuk menangkal hal-hal yang bisa mengancam keselamatan di atas kapal,” ujar Amri. (*/rus)


Share


Komentar Anda