pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken
pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken
ist SIDAK-- Tim penegakan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) melakukan sidak, Selasa (21/11).Mereka menyasar beberapa kantor seperti Dinas Damkar, Perumda PDAM dan sejumlah hotel di Jalan Ratulangi.

Sidak KTR, Puntung Rokok Ditemukan Bertebaran

MAKASSAR, BKM – Pemerintah setempat konsisten menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).Konsistensi ini diwujudkan melalui inpeksi mendadak (sidak), Selasa (21/11).

Terpantau menyasar beberapa kantor seperti Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Perumda Air Minum (PDAM) dan sejumlah hotel di Jalan Ratulangi.
Saat melakukan sidak di PDAM Makassar, petugas menemukan banyak puntung rokok bertebaran di salah satu ruangan.
Hal yang sama juga ditemukan di beberapa instansi dan lokasi lainnya.
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, AM Yasir memimpin tim pengawasan bersama personel Satpol PP dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Hasilnya, menemukan sejumlah puntung rokok berserakan.
“Jadi kita bersama satgas datang ke kantor-kantor, ini sidak sekaligus sosialisasi,” ujarnya.
Petugas kemudian mengingatkan pegawai yang ditemui mengenai larangan merokok di dalam ruangan. Temuan lainnya, tidak ada ruangan khusus bagi perokok (smooking area).

Yasir kemudian meminta untuk menyiapkan lokasi smoking area dan rutin melakukan pengawasan dan penindakan sanksi.
“Alhamdulillah sudah menuju ketaatan, kantor harus membuat ruang atau tempat untuk merokok,” jelasnya.
Sementara Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Makassar, Andi Mariani meminta untuk menegur dan melaporkan pegawai yang merokok dalam ruangan. Aktifitas itu dianggap buruk lantaran asap rokok mengotori udara ruangan, sehingga dapat merugikan orang sekitarnya.”Merokok dalam ruangan itu dilarang,” paparnya.
Saat sidak, petugas juga membagikan menempeli stiker berisi gambar dan tulisan kawasan tanpa rokok berdasarkan perda nomor 4 tahun 2013 Makassar. (rhm)


Share


Komentar Anda