Connect with us

Sulselbar

DPRD Provinsi Sulbar Kembali Gelar Forum Group Discussion

Angkat Tema Penyusunan Naskah Akademik tentang Penyelenggaraan Perhubungan

-

BUKA FGD -- Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulbar, H Usman Suhuriah saat membuka FGD tentang Penyusunan Naskah Akademik tentang Penyelenggaraan Perhubungan.

MAMUJU, BKM — DPRD Provinsi Sulawesi Barat (sulbar) kembali menggelar Forum Group Discussion (FGD). Kegiatan yang mengangkat tema Penyusunan Naskah Akademik tentang Penyelenggaraan Perhubungan di Hotel Grand Maleo Makassar, Sabtu, 25 Juni 2022.
Acara FGD ini dibuka Wakil Ketua, H Usman Suhuriah dan dihadiri ketua Komisi I, ketua dan anggota Komisi IIl, Prof. Dr. Aminuddin Ilmar, SH., MH dan timnya dari LPPM Unhas, Balai Transportasi Darat Wilayah Sulselbar, Balai Perkeretaapian, Tenaga Ahli Bidang Hukum Provinsi Sulbar serta hadir pula Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulbar berserta jajarannya.
Setelah melalui beberapa diskusi dan masukan dari peserta FGD, akhirnya menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu, pertama, pengaturan mengenai penyelenggaraan perhubungan yang dibutuhkan, yaitu peraturan yang kapasitas normanya bersifat teknis.
Kedua, dari tiga subsektor yang menjadi domain Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang mendesak dan terdepan untuk diatur dalam bentuk Perda, yaitu menyangkut dua subsektor. Di antaranya Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dan Pelayaran.
Ketiga, berkaitan dengan Kebandarudaraan, memang perlu dibentuk sebuah badan usaha yang berbentuk BUMD dan akan menjadi pihak yang melakukan kerjasama dengan BUMN, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah demikian juga disektor pelabuhan laut. (zul)

Angkat Tema Penyusunan Naskah Akademik tentang Penyelenggaraan Perhubungan

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini