Connect with us

Headline

Mentan SYL Ajak Perkuat Ketahanan Pangan

-

IST KETAHANAN PANGAN-Mentan Syahrul Yasin Limpo menghadiri pelaksanaan Pra-Penas di Kabupaten Maros, Sabtu (25/6). Kegiatan ini diikuti sebanyak 5.30 peserta dari seluruh Indonesia.

MAROS, BKM — Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel Abdul Hayat Gani, menghadiri pelaksanaan Pra-Penas 2022 di Kabupaten Maros, yang dibuka Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (25/6). Mengusung tema Memantapkan Penguatan Komoditi Lokal untuk Kemandirian Pangan, kegiatanyang berlangsung hingga 27 Juni 2022 ini diikuti sebanyak 5.300 orang peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Hayat memperkenalkan program Mandiri Benih. Ia menjelaskan, untuk meningkatkan kesejahteraan petani, Pemprov Sulsel menyalurkan benih unggul secara gratis kepada petani melalui program tersebut.

“Benih unggul tersebut melalui proses penangkaran di masing-masing daerah, agar benih dapat beradaptasi dengan tanah yang akan ditanami dengan mengurangi penggunaan bahan kimia,” jelas Abdul Hayat.

Menurut Abdul Hayat, Pemprov Sulsel bertekad menjadikan pembangunan sektor pertanian sebagai sektor prioritas dan andalan, melalui program pemberdayaan ekonomi kerakyatan dengan hilirisasi pertanian, yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah komoditi pertanian. Dengan demikian, akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan petani.

Di hadapan Mentan dan ribuan pemerhati pertanian dari seluruh Indonesia, Abdul Hayat mengungkap keberhasilan Sulsel dalam menopang kebutuhan pangan nasional. Di mana, Sulsel mampu menyuplai 50 persen atau sekitar 100 ribu ton beras dari total kebutuhan Bulog secara nasional pada kwartal satu di tahun 2022, dengan total stok beras yang tertampung di Bulog Sulsel sebanyak 200 ribu ton.

Halaman
1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini