Connect with us

Sulselbar

DOB Bisa Wujudkan Pemerataan Pembangunan

-

Kristian Lambe

MAKALE, BKM — Dukungan dua Fraksi DPRD Tana Toraja yakni Fraksi Partai Golkar dan Partai Hanura terkait pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Toraja Barat (Tobar) berbuah manis. Kini dukungan serupa kembali mengalir gedung parlemen Tator yaknu Fraksi Partai Demokrat, Nasdem, Gria, dan PDIP.
Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Tana Toraja, Kristian HP Lambe kepada BKM menjelaskan pemekaran Toraja Barat sudah memenuhi syarat jumlah penduduk 124.774 jiwa dan tersebar di 11 kecamatan yakni Kecamatan Mappak, Bonggakaradeng, Rano, Simbuang, Rembon, Saluputti, Malimbong Balepe’, Bittuang, Masanda, Rantetayo, dan Kurra dengan 12 kelurahan dan 74 lembang.

Kristian menilai DOB didasari dengan landasan hukum sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP Nomor 78 Tahun 2007 Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah.
”Wajar pemekaran Toraja mendapat dukungan politik dari DPRD Tana Toraja, sebab dari 30 anggota DPRD Tana Toraja, 13 diantaranya dari Toraja Barat. Bahkan unsur pimpinan dewan juga dari Toraja Barat,” ujarnya.
Apalagi esensi dari pemekaran dilatarbelakangi ketimpangan dan pemerataan pembangunan tidak penuhi aspek keadilan, kemudian didukung kondisi geografis yang luas, sehingga pelayanan masyarakat tidak efektif dan efisien karena jarak begitu jauh serta infrastructur jelek dan kerap terjadi bencana alam longsor.

Kristian tidak menampik geografis wilayah Tobar masuk dalam kategori daerah 3 T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal). Tofografi wilayah Tobar secara geografis sulit dijangkau karena belum merata pembangunan jalan sehingga sebagian besar masih terisolasi.
Dosen IAKN Toraja ini menambahkan wajar masyarakat Tobar serukan aspirasi pemekaran wilayah lantaran karakteristik dan sistem pembangunan tidak merata, sehingga solusinya adalah pemekaran wujudkan desentralisasi pemerintahan efektif dan efisien. Apalagi alokasi anggaran APBD Tana Toraja pembangunan Toraja Barat tidak mengalami kemajuan signifikan.

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini