Connect with us

Politik

Bupati Adnan Minta TPS Mudah Dijangkau Masyarakat

-

BKM/IST PENGHARGAAN--Ketua KPU Kabupaten Gowa Muktar Muis menyerahkan penghargaan kepada Bupati Gowa atas kerjasama dan partisipasi Pemerintah Kabupaten Gowa dalam kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PPDB) 2022.

GOWA, BKM–Ukuran utama keberhasilan melaksanakan Pemilu adalah tingginya angka partisipasi pemilih. Jika angkanya tinggi, maka masuk dalam kategori sukses melaksanakan Pemilu. Lalu bagaimana cara meningkatkan angka partisipasi pemilih ini? Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan pun memberikan saran kepada KPU Gowa. 
“Salah satu cara terbaik menaikkan angka partisipasi pemilih adalah menempatkan TPS (tempat pemungutan suara) yang lokasinya mudah dijangkau atau diakses oleh masyarakat wajib pilih,” kata Bupati Adnan.

Saran ini dikemukakan Adnan saat membuka rapat koordinasi (Rakor) pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan umum tahun 2024 yang digelar KPU Gowa di Four Points Hotel By Sheraton Makassar, Rabu (23/11). 
Menurut Adnan, tingginya partisipasi pemilih menjadi salah satu ukuran keberhasilan pelaksanakan Pemilu. Keberhasilan ini pun didorong jika TPS mudah diakses seluruh lapisan masyarakat.

“Untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih di suatu daerah, maka yang bisa dilakukan adalah mendekatkan TPS masyarakat di sekitar wilayahnya. Kita bersyukur Gowa salah satu daerah yang selalu tinggi angka partisipasinya. Prestasi ini harus kita jaga dengan baik, caranya adalah penempatan TPS harus bisa dijangkau, termasuk pada kelompok penyandang disabilitas,” tambah Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.
Dalam mengatur penempatan TPS kata Adnan, khususnya pada dataran tinggi yang lokasinya antara dusun satu dengan dusun lainnya yang sulit diakses harus mencari tempat memadai dan dekat dengan pemukiman warga sekitar. 

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini