Connect with us

Bisnis

Aliansi G20 Empower Sukses Angkat Rekomendasi

-

G20 -- Chair G20 EMPOWER, Yessie D Yosetya (kiri) bersama dengan Co-Chair G20 EMPOWER, Rina Prihatiningsih, dalam acara KTT Group of Twenty (G20) di Nusa Dua, Bali, pekan lalu.

MAKASSAR, BKM — Berakhirnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022, menghasilkan 52 poin ‘Deklarasi Pemimpin G20’, yang telah disepakati bersama seluruh peserta KTT.
Dari 8 poin yang berkaitan dengan isu pemberdayaan perempuan dan kesertaan gender, salah satunya merupakan rekomendasi dari aliansi G20 EMPOWER, yaitu terkait isu pemberdayaan perempuan dan keseteraan gender. Hasil deklarasi KTT G20 Bali pun menyatakan bahwa ke depannya G20 akan terus memberikan dukungan penyelenggaraan pada isu pemberdayaan perempuan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Bintang Puspayoga, menyatakan, secara khusus kami memandang deklarasi G20 mengalami kemajuan penting karena untuk pertama kalinya negara G20 menyepakati dan memberikan komitmen pada pemberdayaan perempuan di dalam pernyataan utuh tersendiri, yang tertuang dalam butir komitmen ke-46 pada Deklarasi Pemimpin G20 di Bali.

Lebih jauh Bintang menegaskan, dengan ditetapkannya komitmen kepala negara tekait pemberdayaan di dalam butir tersendiri, menunjukkan G20 memberikan perhatian pada nasib perempuan. Selain itu, negara-negara anggota G20 juga serius menempatkan perempuan dan anak sebagai inti dari pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Menurut Bintang, mereka juga berkomitmen untuk membangun arsitektur perekonomian global yang bertitik tolak dari kesetaraan dan penghapusan ketimpangan baik dalam distribusi kerja domestik dan pengasuhan maupun ketimpangan.

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini