Connect with us

Sulselbar

Jefri Edi Oppo Ketua GMKI 2022-2024

-

MAKALE, BKM — Mantan Ketua Umum GMKI Jefri Irawan Gultom kembaoli teroilih (oppo) sebagai Ketua GMKI hasil kongres nasional ke-38 di Tana Toraja (22-30/11).
Jefri kembali oppo setelah meraih 42 suara dari tiga rivalnya — Rico 34 suara, Prima 33 , dan Yohanes tiga suara, Jumat (2/12). Sejarah baru terjadi di GMKI pasca 72 tahun berdiri pertama kali ketua oppo dua periode.

Kongres GMKI di Tana Toraja sempat molor dua hari sebab banyak dinamika yang terjadi, selain insiden berdarah sesama delegasi Pematang Siantar, juga mencuat di arena kongres pelecehan seksual oknum pengurus pusat GMKI terhadap kader cukup menyita waktu.
Tak kalah menarik Isu money politik berhembus jelang pemilihan calon ketua menawarkan sejumlah uang kepada pemilik suara. Termasuk isu kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua mencuat di kongres. Pembentukan panitia kerja (panja) Khusus membahas masalah Konflik dan keberadaan dana Otonomi Khusus yang besar bagi tanah Papua yang Kemudian disalahgunakan Oleh oknum pejabat menjadi perhatian GMKI kedepan.
Mantan ketua GMKI Sulsel 1995-1997 Kristian H.P Lambe juga ketua Bapemperda DPRD Tana Toraja, Sabtu (3/12) kepada media ini katakan, dinamika terjadi selama persidangan cukup alot.

Pasalnya semua delegasi diberikan kesempatan sama berpendapat, berwacana, serta memberikan pikiran-pikiran cerdas tentang konsep dan program GMKI sebagai organisasi kader yang tinggi iman, tinggi ilmu, tinggi pengabdian dalam penata layanan GMKI di perguruan tinggi, gereja dan masyarakat, sehingga kongres kerap berjalan hingga subuh hari.
Kristian tidak menampik Kongres Nasional GMKI ke-39 Tahun 2024 dilaksanakan di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Jefri mengaku prioritas utama setelah kongres adalah pengadaan sekretariat permanen GMKI Tana Toraja.
”Dinamika menyita waktu selama kongres kita selesaikan bersama perbedaan yang terjadi. Kader GMKI dan sahabat ayo kita kolaborasi untuk GMKI lebih hebat kedepan. GMKI hendaknya berkontribusi dengan motto kolaborasi berkelanjutan, ujar Jefri. (gus/C)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini